Keren! LAPAN akan Luncurkan Satelit Karya Anak Negeri

Struktur satelit LAPAN A3/ IPB yang berfungsi untuk pemantauan maritim dan wilayah pertanian. (Foto: lapan.go.id)

Arah -  Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) berencana meuncurkan satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB pada bulan Juni mendatang. Hal itu diungkapkan Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, seperti dikutip dari laman lapan.go.id.

Thomas menjelaskan, satelit seberat 120 kilogram dengan orbit polar  itu, membawa misi pengamatan permukaan bumi dan monitoring kapal laut. Data yang bisa ditangkap oleh satelit tersebut punya banyak keunggulan, seperti menggunakan kamera resolusi tinggi, dan pengiriman data berkecepatan hingga 105 Mbps. "Sehingga bila dikombinasikan dengan satelit LAPAN-A2 yang telah mengudara sebelumnya, hasil monitoring terhadap kapal laut akan lebih lengkap," jelas Thomas.

Data yang didapat dari satelit tersebut, juga bisa mendukung peningkatan produktivitas pertanian nasional.

Rencana peluncuran satelit buatan Lapan sendiri ini, sudah dilaporkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Wapres meminta Lapan fokus pada program realistis yang manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat. “Kalau informasinya disampaikan ke dinas kelautan, maka akan sampai ke nelayan tiga hari kemudian. Namun bila melalui internet, maka nelayan bisa akses lewat HP secara real time dan gratis,” pesan Wapres, Rabu (18/5) di Jakarta.

Menurut Wapres, pemerintah pun tak segan akan menambah anggaran, bila hal itu dirasakan perlu dan bermanfaat bagi masyarakat. “Tambahan anggaran satu atau dua trilliun untuk riset itu mudah, bila memang bermanfaat untuk rakyat,” tegas Wapres.

Berita Terkait

Mitos Gerhana Matahari Di Dunia Mitos Gerhana Matahari Di Dunia
Dalam 100 Tahun, Gerhana Matahari Total Hanya Terjadi 9 Kali Dalam 100 Tahun, Gerhana Matahari Total Hanya Terjadi 9 Kali
Artis Chelsea Islan, Tampil Sepanggung dengan SBY Artis Chelsea Islan, Tampil Sepanggung dengan SBY

#LAPAN #Thomas Jamaluddin #Thomas Djamaluddin #Maritim #Pertanian

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar