Ngeri, Ditemukan Belalang Predator Berwujud Bunga Anggrek

Spesies belalang anggrek (Live Science)

Arah -  Tim ilmuwan dari Macquarie University, Australia, berhasil menemukan spesies belalang predator yang berwujud menyerupai bunga untuk memikat dan menangkap mangsanya.

Spesies belalang anggrek atau bernama ilmiah Hymenopus coronatus, memiliki kemampuan menyamar seperti bunga lengkap dengan kakinya yang berbentuk mirip kelopak bunga, dikutip Live Science, Jumat (14/7).

Ilmuwan mengatakan alam memang menyajikan beragam hewan yang mempunyai kemampuan meniru bentuk dari tanaman. Misalnya serangga tongkat yang menyerupai ranting dan laba-laba kepiting yang menyamar seperti bunga untuk menangkap mangsanya.

Tapi, berbeda dengan belalang anggrek yang bentuk penyamarannya sangat mirip dengan bunga asli. Selain untuk memburu mangsa, penyamaran itu juga dilakukan untuk melindungi dirinya dari serangan pemangsanya.

"Belalang yang mampu meniru anggrek sudah ada sejak satu abad yang lalu. Tapi, itu belum ada pengujian bahwa penyamaran itu benar-benar terjadi," kata James O'Hanlon, pemimpin penelitian dari Macquarie University.

Baca Juga: Bikin Geli, Pria Ini Disatroni Ribuan Kecoa dari Dalam Mobilnya
Bikin Repot, Ribuan Ayam Berkeliaran di Jalan Raya

Untuk membuktikan penyamaran dari belalang anggrek, akhirnya tim ilmuwan pergi ke Malaysia, karena habitat asli dari hewan itu di hutan hujan Asia Tenggara.

"Bagian tersulit dari penelitian ini adalah belum ada seorang pun yang meneliti bentuk dari belalang anggrek. Jadi, tim memulai penelitian dari awal untuk mendapatkan hasil lengkap," jelas Hanlon.

Dia menambahkan, akhirnya tim berhasil mengkonfirmasi bahwa belalang anggrek memiliki warna yang berbeda dari 13 jenis bunga liar yang ada di hutan. Selain itu, para ilmuwan juga menyaksikan keberhasilan penyamaran belalang anggrek untuk memikat puluhan serangga.

"Belalang Anggrek merupakan satu-satunya hewan di dunia yang menyamar seperti bunga untuk menarik mangsa-mangsanya," ujar Hanlon.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Heboh! Pemancing Temukan Udang Berbadan Tembus Pandang Heboh! Pemancing Temukan Udang Berbadan Tembus Pandang
Hewan-hewan Ini Memiliki Kekuatan Super Seperti Superhero! Hewan-hewan Ini Memiliki Kekuatan Super Seperti Superhero!
Di Kota ini, Kamu Tak Bisa Lagi Nonton Pertunjukan Sirkus Di Kota ini, Kamu Tak Bisa Lagi Nonton Pertunjukan Sirkus

#Belalang #Hewan/ Binatang Unik #hewan #Penemuan Baru #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar