Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Hujani Kawasan Sibolangit

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik terlihat dari Desa Guru Singa, Karo, Sumatera Utara, Selasa (21/2). Aktivitas Gunung Sinabung yang berstatus Awas (level IV), meningkat sejak sepekan terakhir ditandai dengan erupsi dan luncuran lava pijar. (ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin)

Arah - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) erupsi dan kembali mengeluarkan abu vulkanik. Akibatnya, sejumlah wilayah di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, diguyur hujan abu.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin mengatakan, erupsi Gunung Sinabung terjadi sekitar pukul 13.00 WIB tadi. Namun erupsi tidak berdampak terhadap aktivitas di Kota Berastagi.

"Aktivitas di Berastagi normal. Tidak ada laporan terdampak abu," kata Natanail, Jumat (14/7).

Berbeda dengan kondisi di Kota Berastagi, Kabupaten Karo, di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, abu vulkanik turun cukup tebal. Hal tersebut membuat warga berlindung ke tempat yang lebih aman seperti di dalam gedung dan rumah.

"Sibolangit diguyur abu vulkanik. Abunya sangat tebal," sebut Camat Sibolangit, Amos Simanungkalit.

Baca Juga: Sakit TBC Kelenjar, Fitri Tropica Tunda Punya Anak
Bergaya Unik, Claudia Adinda Rela Beli Barang Jadul Harga Mahal

Dijelaskannya, abu vulkanik turun hingga ke wilayah Sibolangit karena hembusan angin yang sangat kencang. Lalu, angin membawa abu vulkanik dari Gunung Sinabung sampai ke Sibolangit yang jaraknya berkisar 50 kilometer.

"Padahal jaraknya jauh, sekitar 50 kilometer. Satu jam juga kalau dihitung dari Sinabung ke Sibolangit. Mungkin karena angin kencang, jadi terbawa kemari," pungkas Amos. (Nugi)

Video trending pilihan redaksi:

----

Berita Terkait

Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI? Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan

#Gunung Sinabung #abu vulkanik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar