DPR Minta MK Berbenah Diri Soal Perkara Uji Undang-Undang

Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/1). (Foto: Arah.com/ Wildan Zulfiansyah)

Arah - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Arsul Sani, mengatakan pihaknya berharap Mahkamah Konstitusi (MK) dapat melakukan sejumlah perbaikan di bawah pimpinan Arief Hidayat yang kembali terpilih sebagai Ketua MK periode 2017-2020.

"DPR berharap Mahkamah bisa melakukan perbaikan kualitas putusan terutama pada perkara uji materi undang undang," kata Arsul usai menghadiri pengucapan sumpah Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat di Gedung MK Jakarta, Jumat (14/7).

Arsul mengharapkan MK dalam memberikan pertimbangannya dapat lebih eksplisit dan tuntas. "Contoh eksplisit dan tuntas yang tidak terjadi itu misalnya dalam kasus putusan yang menyangkut pertimbangan hukum tentang ambang batas pemilu serentak," kata Arsul.

Baca Juga: Pria Pengangguran Ini Banjir Tawawan Kerja Usai Lakukan Hal Ini..
Gol Indah Wayne Rooney untuk Everton

Arsul berpendapat dalam perkara Pemilu Serentak, Mahkamah dalam pertimbangannya tidak menyebutkan apakah ambang batas Pemilu Presiden (presidential threshold) perlu dihapus atau tetap bisa dipertahankan. "Ini kemudian meninggalkan perdebatan di parlemen, karena ada dua tafsir," kata Arsul.

Lebih lanjut Arsul mengatakan bahwa MK juga perlu melakukan perbaikan organisasi dan administrasi kelembagaan. "Jangan sampai terjadi lagi pencurian berkas, bocornya draft putusan, pokoknya itu tidak boleh terjadi lagi," pungkas Arsul. (Antara)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim
Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar
Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK

#Arsul Sani #Mahkamah Konstitusi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar