Mirip Manusia, Simpanse & Orangutan Juga Alami Krisis Paruh Baya

Orangutan Sumatra (Pongo abelii) jantan bernama Kuta yang berusia 35 tahun berada di atas pohon usai pelepasliaran di Hutan Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (2/2). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Arah -  Studi baru menunjukkan simpanse dan orangutan mengalami krisis umur paruh baya atau midlife crisis sama seperti manusia.

Tim peneliti internasional menemukan adanya kesamaan siklus kehidupan dan kebahagian dari dua primata besar tersebut.

Para peneliti menemukan adanya siklus hidup di mana kesejahteraan mereka meninggi di masa muda, mulai menurun di usia pertengahan, dan naik lagi di usia tua. Mirip dengan 'Kurva U' kebahagiaan yang terjadi pada manusia, dilansir BBC, Minggu (16/7).

Studi baru ini dilakukan oleh para ahli dari berbagai bidang, seperti psikolog, ahli primata, dan ekonom. Hasil dari penelitian ini telah diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Menurut Alexander Weiss, seorang penulis dalam jurnal penelitian dan psikolog dari Universitas Edinburgh, yang kami uji adalah bentuk 'Kurva U' yang menggambarkan hubungan antara usia dan kesejahteraan pada primata, sama halnya yag terjadi pada manusia.

Baca Juga: Mau Foto Instagram Kamu 'Dibanjiri' Like? Begini Caranya
Ternyata Telegram Tak Hanya Diblokir di Indonesia

"Kami berharap penelitian ini menunjukkan bahwa ada kesamaan siklus hidup antara manusia, simpanse, dan orangutan," kata Weiss.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manusia laki-laki dan perempuan, simpanse, dan orangutan, memiliki siklus kehidupan yang sama pada usia tertentu, namum ada perbedaan dalam peran sosialnya. Para kera besar tidak melakukan hal-hal yang dilakukan oleh manusia saat krisis menyerang.

Pengujian penelitian

Pengujian diambil dari 508 sampel kera besar yang terdiri dari simpanse dan orangutan dengan berbagai usia. Kera besar itu berasal dari kebun binatang, penangkaran, dan pusat penelitian.

Hasil dari penelitian ini didapat setelah mewawancarai penjaga kebun binatang, relawan, peneliti, dan pengasuh primata yang telah mengetahui perilaku simpanse dan orangutan.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam
Terkuak, Ini yang Bikin Kucing dan Anjing Suka Dibelai Terkuak, Ini yang Bikin Kucing dan Anjing Suka Dibelai
FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan

#Simpanse #Krisis paruh baya #Riset/ Penelitian Ilmiah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar