Kerang Mirip Alien Ditemukan di Pantai California, Ini Bentuknya

Kerang Waldo arthuri (Diarmaid O Foighil)

Arah -  Tiga peneliti asal Amerika Serikat menemukan spesies baru yang memiliki nama Waldo arthuri, setelah hampir 2 tahun menjelajah lepas pantai California.

Spesies baru itu merupakan kerang yang punya bentuk aneh alias tidak biasa.

Cerita bermula ketika Paul Valentich-Scott, peneliti dari Santa Barbara Museum of Natural History dan Diarmaid O Foighil, peneliti dari University of Michigan, yang membahas tentang penemuan spesies kerang-kerang yang belum ditemukan.

Setelah lama tak bertemu, kedua peneliti itu mulai bertemu lagi di acara konferensi ilmiah. Masing-masing dari mereka menceritakan tentang penemuan spesies baru kerang yang berbentuk aneh.

Valentich-Scott menemukan spesies kerang di lepas pantai Santa Barbara dan Morro Bay, California. Sementara O Foighil juga menemukan hewan invertebrata jenis baru di pulau Vancouver, British Columbia.

Setelah melakukan pembicara lebih dalam, ternyata mereka sama-sama menemukan spesies kerang yang sama, walaupun ditemukan dalam tempat berbeda yang berjarak 1.000 mil, atau setara 1.609 kilometer.

Baca Juga: Subway di Taiwan Didesain Mirip Arena Olahraga, Ini Penampakannya
Hanya Ada Satu Makhluk yang Bertahan Jika Kiamat, Siapa?

Kedua peneliti itu kemudian mengidentifikasi temuannya sebagai spesies kerang jenis baru.

"Kerang itu memiliki bentuk yang tipis, tembus pandang, dan tentakel kecil yang panjang," kata O Foighil, dilansir laman Red Orbit, Senin (17/7).

"Sebelum menemukan kerang itu, kami sama-sama sedang mengamati landak laut dan melihat ada sesuatu yang merangkak di duri-duri landak laut," tambah O Foighil.

Untuk memahami dan menggambarkan kerang jenis baru ini memerlukan waktu yang sangat panjang. Namun, akhirnya datang seorang ahli DNA kerang bernama Li Jingchun, yang juga berasal dari University of Michigan.

"Saya menganalisis DNA dari spesies baru ini dan spesies-spesies lainnya. Saya terkejut menemukan adanya perbedaan genetik pada spesies jenis baru tersebut," kata Jingchun.

"Ini adalah benar-benar kerang jenis baru yang memiliki bentuk aneh," tutup Jingchun.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Ditemukan Ikan Spesies Baru Berbentuk 'Alien' di Antartika Ditemukan Ikan Spesies Baru Berbentuk 'Alien' di Antartika
Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?
Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara

#Kerang #Spesies Baru #Penemuan Baru #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar