Puji Pembubaran HTI, Djarot Ingatkan Masih Ada Ormas Sejenis

Djarot Saiful Hidayat saat mengunjung Pulau Untung Jawa (foto/arah/dini)

Arah - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memuji langkah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia resmi mencabut SK Badan Hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). 

"Jadi pembubaran itu sudah tepat ya. Kalau saya (nilai) tepat," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/7).

Mantan Wali Kota Blitar ini mengatakan langkah Kemenkumham itu bukan sebagai langkah otoriter, melainkan karena HTI dinilai ingin mengubah ideologi bangsa Indonesia.

"Misalnya HTI tidak terima di pengadilan, kasus hukum, bukan pemerintah ‎otoriter. Karena bikin khilafah ‎Islamiah, Pancasila kan enggak kayak begitu," katanya.

Djarot enggan berspekulasi menyebut ormas lain yang juga anti Pancasila. Politikus PDI Perjuangan mengatakan hal itu merupakan kewenangan Kemenkumham dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengidentifikasi. 

Baca Juga: Resmi! Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)
Soekarwo Setuju Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahrir Indonesia

Meski demikian ia mengingatkan, berdasarkan sejarah, masih ada ormas yang serupa dengan HTI. 

"Yang tahu, yang meneliti Kemenkumham, sama masyarakat, sama Kemendagri. Kami tidak bisa cap begitu anti-pancasila. Melihat sejarah. Masyakarat tahu. Ada enggak? Kalau menurut saya sih masih ada (ormas) yang seperti itu," jelasnya. 

Menurut Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Freddy Harris pencabutan SK HTI karena adanya laporan dari masyarakat bahwa ada indikasi laporan suatu perkumpulan atau ormas yang melenceng dari ideologi dan hukum negara. 

Freddy menyatakan pemerintah peluru mengambil langkah hukum terkait HTI untuk merawat eksistensi Pancasila sebagai ideologi UUD 1945 dan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. (Shemi) 

Berita Terkait

Djarot Benarkan Ancaman Pembunuhan Ahok Melalui Telegram Djarot Benarkan Ancaman Pembunuhan Ahok Melalui Telegram
Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang

#Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) #Gubernur DKI Jakarta #Djarot Saiful Hidayat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar