Wih, Akan Ada Bandara Pribadi di Pulau Bintan

PT Bintan Resort Cakrawala gandeng perusahaan penerbangan swasta Sriwijaya Air untuk membuat bandara pribadi pertama di Pulau Bintan, Indonesia. (foto: Istimewa).

Arah -  PT Bintan Resort Cakrawala gandeng perusahaan penerbangan swasta Sriwijaya Air untuk membuat bandara pribadi pertama di Pulau Bintan, Indonesia.

Dilansir dari  Asia One, luas bandara yang akan dibangun diperkirakan antara 1.300 hingga 1.500 hektar.

Diketahui,Gallant Venture, induk perusahaan milik Grup Salim milik Bintan Resort, telah berinvestasi hingga US$150 juta untuk proyek tersebut.

"Kami telah melakukan persiapan lahan, saat ini kami sedang mengerjakan pengembangan landasan pacu bandara," kata general manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab.

Selain bandara, di sana juga akan dibuat Air Maintenance, Repair and Overhaul (MRO) untuk maskapai Sriwijaya Air.

Pembangunan tahap pengembangan pertama, yang mencakup landasan pacu 300 meter, bandara dan MRO, direncanakan akan selesai pada 2019 dan akan siap beroperasi setelah tahun 2019.

MRO yang baru akan menerima permintaan layanan reparasi dari maskapai lain mengingat jumlah MRO yang ada di Indonesia masih terbatas. "Penyelesaian tahap pertama diharapkan membawa dua sampai tiga juta wisatawan ke Pulau Bintan," Abdul menambahkan.

Baca Juga: Anggota Kerajaan Inggris Tidak Pernah Makan Mi Instan, Kenapa?
Berlapis Emas 24 Karat, Ini Dia Bak Mandi Termahal di Dunia

Tahap kedua akan fokus pada pengembangan hub bandara, yang mencakup sekolah penerbangan, dan diharapkan selesai pada tahun 2025.

"Pusat bandara dapat berkontribusi antara 25.000 dan 35.000 pekerja dari berbagai wilayah di Indonesia," kata Abdul.

Tahap selanjutnya adalah pengembangan landasan pacu kedua. Dengan bandara baru tersebut, Abdul mengatakan bahwa pulau tersebut ditargetkan bisa menerima 600.000 wisatawan sampai akhir tahun, dimana 80 persennya berasal dari luar negeri. Rata-rata jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bintan per tahun adalah 200.000 orang.

"Jumlah wisatawan mancanegara di Bintan pada 2016 mencapai 2.004.000 orang, yaitu 17 persen dari total wisatawan di Indonesia. Selain itu, Bandara Bintan akan membantu mengatasi masalah konektivitas udara," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan
Sejuk! Tambahan 1 Hektare Ruang Terbuka Hijau di Batam Sejuk! Tambahan 1 Hektare Ruang Terbuka Hijau di Batam

#Kepulauan Riau #Gedung Daerah Tanjung Pinang Kepulauan Riau #Rute Penerbangan #Pengamanan Bandara #penumpang pesawat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar