Ini Robot 'Atlas' Si Penyelamat Nyawa Manusia

Robot Atlas buatan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)

Arah -  Robot canggih yang memiliki kemampuan seperti manusia (humanoid) bernama Atlas akan segera hadir di tengah-tengah armada pasukan tempur Amerika Serikat.

Robot Atlas siap diberi tugas untuk membantu korban-korban bencana alam.

Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) telah menguji coba robot yang memiliki tinggi dua meter ini diharapkan mampu menyelesaikan tugas khusus untuk keadaan darurat.

Saat ini ada enam tim peneliti yang sedang mengembangkan perangkat lunak robot Atlas untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Atlas mempunyai dua lengan dan dua kaki, sehingga membuatnya mampu mencengkeram dan berjalan layaknya manusia. Bedanya, robot ini memiliki sistem jaringan komunikasi dengan penciptanya ketika berada di daerah bencana, dilansir BBC, Sabtu (22/7).

[baca_juga]

Sebelumnya, robot Atlas sudah dibuat oleh tim peneliti dalam bentuk virtual. Pada tahap selanjutnya, program pengendalian virtual Atlas diwujudkan dalam bentuk nyata.

Tim peneliti membutuhkan waktu lima bulan untuk mempersiapkan robot Atlas sebelum dilakukan serangkaian uji coba.

Robot Atlas diharapkan akan memiliki kemampuan menyelesaikan tugas-tugas, seperti mengemudi mobil, memindahkan puing-puing yang menghalangi, memanjat tangga, menemukan dan menutup katup, dan menyambungkan selang pemadam kebakaran.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Pria Ini Bikin Robot Berparas Secantik Scarlett Johansson Pria Ini Bikin Robot Berparas Secantik Scarlett Johansson
NASA Ciptakan Robot 'Tukang Sampah' yang Bekerja di Luar Angkasa NASA Ciptakan Robot 'Tukang Sampah' yang Bekerja di Luar Angkasa
Wow! Printer 3D Ini Mampu Cetak Pizza dalam 6 Menit Wow! Printer 3D Ini Mampu Cetak Pizza dalam 6 Menit

#robot #Robot Atlas #Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) #teknologi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar