Anak Unta, Ini Humor Cerdas Ala Rasulullah

Ilustrasi foto (Foter.com/vil.sandi)

Arah - Rasulullah SAW salah satu ternyata punya cita rasa humor tinggi. Hal ini terbukti dari cerita-cerita sahabat tentang kepiawaiannya bercanda terhadap sahabat-sahabatnya. Salah satu contoh teladan dan sikap yang baik dalam mencairkan suasana.

Namun candaan Rasulullah itu tidak asal-asalan, karena sifat canda Rasulullah selalu punya maksud dan tujuan di dalamnya. Salah satunya humor berikut.

Seseorang sahabat mendatangi Rasulullah SAW, dan dia meminta agar Rasulullah SAW membantunya mencari unta untuk memindahkan barang-barangnya.

Rasulullah berkata: “Kalau begitu kamu pindahkan barang-barangmu itu ke anak unta di seberang sana”.

Sahabat bingung bagaimana mungkin seekor anak unta dapat memikul beban yang berat. “Ya Rasulullah, apakah tidak ada unta dewasa yang sekiranya sanggup memikul barang-barang ku ini?”

Rasulullah menjawab, “Aku tidak bilang anak unta itu masih kecil, yang jelas dia adalah anak unta. Tidak mungkin seekor anak unta lahir dari ibu selain unta” Sahabat tersenyum dan dia pun mengerti canda Rasulullah. (Riwayat Imam Ahmad, Abu Dawud dan At Tirmidzi.)

Selain punya ciri khas yang mampu mencairkan suasana di mata para sahabat, jika kita simak candaan Rasulullah sangatlah logis bahwa anak unta tidak selalu berarti anak unta yang kecil. Karena pada dasarnya unta yang dewasa pun sebenarnya anak unta.

Ini menunjukkan kecerdasan Rasulullah dalam bercanda, memainkan logika dasar dan mengajak kita untuk berpikir. Karena orang yang mampu bercanda secara baik pada dasarnya memiliki kecerdasan yang baik juga. (Andik)

Awas! Ini Hukumnya Mengunci Pintu Masjid

Terungkap Rahasia Zakir Naik Mampu Hafal Berbagai Kitab

Ingin Mengawini Janda atau Perawan, ini Anjuran Rasulullah

Berita Terkait

Awas! Ini Bahayanya Ngobrol Saat Khotbah Jumat Awas! Ini Bahayanya Ngobrol Saat Khotbah Jumat
Ini Anjuran Rasulullah Agar Tidur dan Makan Menjadi Pahala Ini Anjuran Rasulullah Agar Tidur dan Makan Menjadi Pahala
Ini 3 Amalan Muslim Pencegah Rasa Galau Ini 3 Amalan Muslim Pencegah Rasa Galau

#Humor #rasulullah saw #Ramadan 1437 H #Ramadan #hadits #sunnah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar