Mirip Aslinya, Robot Semut Ini Punya Kemampuan Berkoloni

Robot semut punya kemampuan seperti semut asli (BBC)

Arah -  Peneliti Amerika Serikat berhasil membuat sebuah robot semut yang dapat berperilaku seperti sebuah koloni semut.

Namun, robot ini tidak berbentuk seperti semut, melainkan kubus kecil yang dilengkapi dengan dua roda untuk bergerak.

Robot semut ini mampu bergerak maju untuk menuju suatu tempat dan menghindari rintangan. Selain itu, kemampuan robot ini bisa memberi isyarat kepada robot lainnya, sama seperti yang terjadi pada sebuah koloni nyemut, dilansir BBC, Rabu (26/7).

Dr Simon Garnier, Peneliti Utama dari New Jersey Institute of Technology, mengatakan robot ini memiliki dua antena yang berfungsi sebagai sensor cahaya. Jika sensor cahaya banyak di antena sebelah kiri, maka robot ini akan belok ke kiri dan sebaliknya.

"Mekanisme ini persis yang terjadi pada semut," kata Garnier.

Baca Juga: Taksi di Jepang Bisa Beritahukan Barang Penumpang yang Tertinggal
Wow, Ilmuwan Ciptakan Kelinci yang Bisa 'Nyala' dalam Gelap

Ia menjelaskan, selain itu, robot-robot semut ini dapat bekerja sama dalam melakukan navigasi. Satu robot berperan untuk meninggalkan jejak, sementara satu robot lainnya akan mengikuti jejak itu. Mereka akan saling memberikan umpan balik.

"Pada awalnya masing-masing robot akan bergerak pada jalurnya sendiri-sendiri, tapi robot-robot ini mampu bekerja sama dan berkomunikasi untuk menemukan jalur yang sama," jelasnya.

Untuk membuktikan kalau robot ini memiliki jalur perjalanan yang sama, para peneliti telah merekam perjalanan kedua robot itu. Hasilnya kedua robot berjalan di jalur yang sama setelah robot pertama meninggal jejak, dan robot kedua mengikuti jejaknya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Intel Beli Perusahaan Mobil Tanpa Supir Seharga Rp204,3 Triliun Intel Beli Perusahaan Mobil Tanpa Supir Seharga Rp204,3 Triliun
Buatan Indonesia, Charger Portable Dari Suhu Tubuh Buatan Indonesia, Charger Portable Dari Suhu Tubuh
Mahasiswa Unair Ciptakan Robot Pembunuh Bakteri di Rumah Sakit Mahasiswa Unair Ciptakan Robot Pembunuh Bakteri di Rumah Sakit

#robot #Teknologi Canggih #teknologi #semut #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar