Jakarta Sabet Penghargaan Inflasi TPID Awards, Ini Kata Djarot

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Arah.com/ Shemi)

Arah - Provinsi DKI Jakarta berhasil menyabet penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Awards 2016 terbaik se-pulau Jawa dari Bank Indonesia. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menjelaskan beberapa hal yang disebutnya sebagai langkah keberhasilan, sehingga Jakarta mampu mendapatkan penghargaan tersebut.

Pertama, kata Djarot adalah optimalisasi dan sinergitas peran dari BUMD terutana di bidang pangan. Termasuk komitmen pemerintah untuk Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) kepada BUMD.

"Terutama di Food Station , Darma Jaya dan Pasar Jaya. Kemudian di dukung dengan Transjakarta," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Kamis (27/7).

Kedua, lanjut Djarot, Jakarta merupakan provinsi pertama yang membangun mesin penyimpan kebutuhan bahan pokok petani atau CAS (controll atmosphere storage). Dengan mesin itu, mantan Wali Kota Blitar ini menjelaskan pemerintah dapat menstabilkan harga kebutuhan pokok seperti cabai.

"Maka tadi kami sampaikan, harusnya daerah-daerah produsen itu juga membangun mesin penyimpan serupa.
Sekarang misalnya harga cabai lagi turun, maka pemerintah harus hadir untuk menstabilkan harga cabai. Misalnya harga cabai dengan membeli para petani, daerah penghasil dengan harga yang wajar. Sehingga petani tidak rugi," jelasnya.

Baca Juga: Pengendara 'Bandel' yang Lewati JLNT Kasablanka Menurun
Kabut Asap Mulai Ganggu Penerbangan

Poin terakhir yang menjadi resep kesuksesan Djarot adalah komitmen pemerintah untuk mensubsidi warga yang tidak mampu.

"Seperti misalnya harga daging. Kami akan jamin. Kemudian, harga telor, harga beras smpai dengan harga gula. Semuanya kita lakukan dengan mekanisme non tunai. Cashless management system. Dengan nembuat big data, sehingga semua infornasi yang terkait dengan persoalan ekonomi mikro, persoalan pangan bisa diketahui," tandasnya.

Dalam Rakornas Pengendalian Inflasi, Bank Indonesia memberikan penghargaan kepada TPID Inovatif, TPID Berprestasi, TPID Terbaik, dan TPID Baru Berprestasi, yaitu penghargaan bagi TPID yang baru dibentuk tahun 2015 tetapi sudah secara progresif berperan aktif dalam pengendalian inflasi. (Shemi)

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

SMS-an dengan Djarot, Rasa Kangen Sandi Terobati SMS-an dengan Djarot, Rasa Kangen Sandi Terobati
Puji Pembubaran HTI, Djarot Ingatkan Masih Ada Ormas Sejenis Puji Pembubaran HTI, Djarot Ingatkan Masih Ada Ormas Sejenis
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang

#Djarot Saiful Hidayat #Gubernur DKI Jakarta #Inflasi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar