Pilpres 2019 Diprediksi Jadi Pertarungan Jokowi-Prabowo

Warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat pemungutan suara ulang Pilkada DKI Jakarta di TPS 029, Kelurahan Kalibata, Jakarta, Minggu (17/2). Pencoblosan ulang dilakukan sertelah adanya temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta mengenai adanya lima orang yang melakukan pelanggaran saat pencoblosan pada Rabu (15/2). (Foto:Antara)/Muhammad Adimaja

Arah - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkaian menilai Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 diikuti tidak lebih dari tiga pasang calon. Bahkan secara realistis, Ray menilai hanya akan dua pasang calon yang bertarung di Pilpres 2019.

Kedua sosok itu adalah petahana yang kini tengah berkuasa, Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Calon presiden 2019 yang akan ada, tidak akan lebih dari tiga pasang calon tapi yang paling realistis ada dua (calon). Kedua petahana, satu pak jokowi, satu petahana calon pak Prabowo. Ini pertarungan petahana berkuasa dan calon," ujarnya di D'Hotel, Menteng, Jakarta, Minggu (30/7).

Dalam acara diskusi politik itu, pertarungan Jokowi melawan Prabowo juga menghasilkan pertarungan antara sipil dengan militer. Namun Ray menyebut pertarungan antara Jokowi dan Prabowo tidak akan terjadi secara langsung namun melalui calon yang diusungnya.

"Kalau kita petakan dua calon dengan kunjungan itu ada tambahan baru militer vs sipil. Kubu Prabowo didominasi kelompok militer, siapa orangnya bisa next. Satu sipil pak Jokowi yang calon juga dari warga sipil," jelasnya.

Baca Juga: Prilly Unggah Spiderman KW, Netizen: Itu Om Uya Kuya
Begini Harapan Warga Jakarta di Lebaran Betawi

Paska penetapan UU politik kemarin, bahwa Presidential Treshold mencapai 20% kursi di DPR, hampir dapat dipastikan bahwa partai politik harus melakukan koalisi untuk dapat mengusung siapapun calon presiden mereka.

Melihat komposisi perolehan kursi partai politik di DPR, hampir dapat dipastikan jumlah maksimal calon presiden hanya ada 3 pasangan calon. Tiga pasangan itu, jika merujuk pada peta politik saat ini, hanya akan menampilkan wajah Joko, Prabowo dan satu alternatif. (Shemi)

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Ditanya Soal Pilpres di Hari Lebaran, Begini Jawaban Prabowo Ditanya Soal Pilpres di Hari Lebaran, Begini Jawaban Prabowo
Hadapi Pilpres 2019, Pengamat: Gerindra-Demokrat Bentuk Koalisi Hadapi Pilpres 2019, Pengamat: Gerindra-Demokrat Bentuk Koalisi
Prabowo Maju Pilpres 2019, Golkar: Jokowi Punya Prestasi Prabowo Maju Pilpres 2019, Golkar: Jokowi Punya Prestasi

#Jokowi-Prabowo #Prabowo Subianto #presiden joko widodo #pilpres 2019 #Partai Gerindra #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar