Terkuak, Kondisi Tidur Lalat Hampir Sama Seperti Manusia

Lalat diatas makanan (Shutterstock)

Arah -  Tim peneliti dari University of Queensland Australia menemukan bahwa kondisi tidur lalat sama seperti manusia, namun memiliki tingkat intensitas yang berbeda.

Seperti diketahui, tidur manusia terdiri dari dua tahap. Pertama tahap rapid eye movement (REM) atau gerak mata cepat. Ditahap ini biasa disebut tidur ringan dan biasa terjadi mimpi. Kedua adalah tahap non REM atau disebut tidur nyenyak.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Bart van Alphen, bertujuan untuk mengukur intensitas tidur pada lalat dengan merekam aktivitas otak dan respon terhadap rangsangan mekanik.

"Kami telah menemukan bahwa tidur pada lalat sama dengan manusia. Ini tampak dari aktivitas tidur ringan dan tidur nyenyak," kata Alphen, dilansir laman Machines Like Us, Minggu (6/8).

Baca Juga: Ternyata, Ramalan Trump Jadi Presiden Datang dari Film Ini..
Astaga, Gara-Gara Putus Cinta, Wanita Ini Tinggal Seminggu di KFC

Menurut Professor Bruno van Swinderen, dari Queensland Brain Institute di University of Queensland, dalam kondisi sadar seperti saat sedang belajar, beberapa sinyal listrik akan bergerak dari satu sel saraf ke saraf lainnya untuk diperkuat dan menjaga dari tidur.

"Sebaliknya, saat sedang dalam kondisi tidur, semua sel saraf akan melemah dan mengurangi energinya," kata Swinderen.

Tim peneliti juga menemukan jika lalat melakukan aktivitas yang tinggi pada siang hari, maka lalat akan membutuh tidur pada malam hari.

"Ini menunjukkan lalat juga memiliki sistem pelemahan saraf untuk membuatnya tidur setelah melakukan aktivitas yang tinggi," ujar Swinderen.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Ngeri, Ditemukan Virus Raksasa Terbesar di Dunia Ngeri, Ditemukan Virus Raksasa Terbesar di Dunia
Ternyata Buaya Punya Kecerdasan Tinggi, Ini Buktinya... Ternyata Buaya Punya Kecerdasan Tinggi, Ini Buktinya...
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq

#lalat #Penemuan Baru #Riset/ Penelitian Ilmiah #Waktu Tidur #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar