5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Jantung Berhenti Berdetak Mendadak

Ilustrasi serangan jantung. (Foto: socratesgarrigosmd.com)

Arah -  Jantung menjadi salah satu organ tubuh yang vital. Fungsinya sebagai pemompa darah membuat jantung harus terus berdetak sebagai satu tanda kehidupan. Ketika jantung berhenti berdetak menjadi satu tanda bahaya yang cukup serius.

Menjaga kesehatan jantung tentunya menjadi upaya nyata agar hidup sehat. Menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Namun ternyata jantung bisa saja berhenti berdetak karena faktor lain yang selama ini sering kita sepelekan.

Adapun penelitian yang dilansir dari boldsky mengungkapkan bahwa terdapat beberapa penyebab atau kondisi kesehatan yang dapat membuat jantung manusia berhenti berdetak secara mendadak.

1. Kecanduan Kopi

Kebiasaan mengonsumsi kopi memang menjadi bagian nikmat dalam hidup. Namun hal itu tidak berbanding lurus dengan kesehatan jantung. Meski risiko yang didapat tidak begitu serius, namun mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat membuat jantung berhenti berdetak secara mendadak.

Baca Juga: Bikin Takjub, Dubai Bikin Taman Bunga Terbesar di Dunia
Ternyata, Mengunggah Foto Liburan di Instagram Mengundang Bahaya

2. Stress

Stress adalah masalah besar yang bisa memicu berbagai penyakit. Ketika stress hormone kortisol dalam diri manusia akan meningkat. Kondisi itu akan membuat otot-otot jantung melemah dan jantung berhenti berdetak.

3. Alkohol

Selanjutnya, mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat memicu jantung untuk berhenti berdetak. Apabila Anda seorang alkoholik, maka lebih baik untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut. Sebab, alkohol yang dikonsumsi tersebut dapat meningkatkan adrenalin dalam darah dan tentunya membahayakan jantung.

4. Kehamilan

Kehamilan merupakan masa bahagia sekaligus sulit bagi perempuan. Saat masa kehamilan seorang ibu harus benar-benar memperhatikan kesehatan tubuhnya. Fluktuasi hormon yang terjadi selama masa kehamilan berpotensi membuat jantung berhenti mendadak.

5. Olahraga

Olahraga memang diperlukan untuk kesehatan, namun jangan lupa untuk selalu memperhatikan kemampuan tubuh. Jangan pernah memaksakan diri untuk terus berolahraga ketika tubuh sudah tidak sanggup. Kondisi tersebut akan memaksa jantung berdetak cepat dan mengerahkan kekuatan yang lebih untuk memompa darah hingga berisiko membaut jantung mendadak berhenti.

Menjaga kesehatan jantung juga diperlukan perlakuan yang bijak dari apa yang rutin kita lakukan, kuncinya adalah jangan berlebihan dan memaksakan diri.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Mantap! Biang Keringat Bisa Diatasi dengan 5 Jus Buah Segar Ini Mantap! Biang Keringat Bisa Diatasi dengan 5 Jus Buah Segar Ini
Stres Berkepanjangan Bikin Gemuk? Ini Penjelasan Ilmiahnya.. Stres Berkepanjangan Bikin Gemuk? Ini Penjelasan Ilmiahnya..
Yuk, Kurangi Konsumsi Makanan 'Penyiksa' Otak Yuk, Kurangi Konsumsi Makanan 'Penyiksa' Otak

#Kesehatan Jantung #Info Kesehatan #tips kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar