Kemenag Segera Investigasi Terkait Kasus First Travel

Sebuah diskusi publik di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017). (Foto/Arah.com/Dini)

Arah - Sebagai regulator resmi penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) mengklaim bahwa penelantaran calon jamaah umroh yang dilakukan First Travel tidak memiliki hubungan langsung dengan Kementerian Agama.

Hal tersebut dijelaskan dimana penyedia jasa travel haji dan umroh merupakan murni bisnis tanpa ada campur tangan pemerintah yang hanya sebagai pembuat peraturan atau regulator, karena dimana keuntungan semua jatuh untuk agen travel tersebut.

"Kalau untuk umroh, akad langsung antara jamaah dan travel, tidak ada hubungan langsung kecuali Haji, kita punya pencatatan jelas," ujar Mastuki HS selaku Kepala Pusat dan Informasi Kemenag, di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8)

Meski tidak memiliki hubungan secara langsung, Mastuki tetap menjelaskan bahwa saat terjadinya permasalahan seperti ini Kemenag harus turun tangan dengan melakukan investigasi menyeluruh karena merugikan masyarakat, walaupun Kemenag merasa hanya menerima 'ampas'nya.

Baca Juga: Susi Desak PBB Segera Keluarkan Hukum Laut
Harga Cabai di Sumut Relatif Normal Pasca Letusan Sinabung

"Karena di Kementerian Agama punya hak cabut. Feedback ke kami lakukan investigasi secara menyeluruh, bagaimana mengatur lalu lintas keuangan, jamaah ke rekening. Istilahnya kok, enaknya diem-diem, kalau sudah bermasalah baru melapor," tambah Mastuki.

Kendati demikian, Kemenag masih dinilai lamban dalam mengani hal ini sehingga masyarakat atau calon jamah yang menjadi korban semakin banyak.

Menjawab pertanyaan tersebut pemerintah tetap berdalih dimana menurut Mastuki terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan diantaranya adalah dilakukannya mediasi antara First Travel dan Jamaah

"Kita carikan mediasi antara first travel dan jamaah. Ini kepentingan ibadah ubudiyah (ibadah), kami miliki ahli hukum yang pertimbangkan ini, pasca pertemuan OJK (Otoritas Jaksa Keuangan), investigasi ini sudah dipertimbangakn betul," pungkasnya. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

HIMPUH Minta Pemerintah Awasi Persaingan Usaha Travel dan Umroh HIMPUH Minta Pemerintah Awasi Persaingan Usaha Travel dan Umroh
Kementerian Agama Siap 'Hukum' First Travel Kementerian Agama Siap 'Hukum' First Travel
Kemenag Tegaskan First Travel Wajib Kembalikan Uang Jamaah Kemenag Tegaskan First Travel Wajib Kembalikan Uang Jamaah

#First Travel #Kementerian Agama #travel agent #Agen Travel Gadungan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar