Ini Pesan NASA Untuk Para Penikmat Gerhana Matahari

Foto sebelum dan sesudah Gerhana Matahari Total (GMT) dilihat dari Pantai Soagimalaha di Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara, Selasa (8/3). GMT di Maba berdurasi 3 menit 17 detik kegelapan. (Antara/Rosa Panggabean)

Arah -  Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menghimbau kepada warga yang ingin melihat gerhana matahari harus memakai kacamata khusus.

Pasalnya, radiasi dari cahaya matahari sangat berbahaya bagi mata. NASA, mengajak masyarakat untuk memilih kacamata yang harus bersertifikasi ISO 12312-2.

NASA juga mengingatkan untuk lebih teliti dalam membeli kacamata, karena maraknya kacamata dengan label dan sertifikat palsu."Kami khawatir bahan yang digunakan tidak bisa menahan sinar ultraviolet dan sinar inframerah," tulis NASA dalam keterangan resmi, seperti dilansir Chicago Tribune.

Baca Juga: Di Desa Ini Kamu Bisa Berenang Bareng Predator Mematikan
Bangga, Tarian Papua Hipnotis Warga Australia

Selain itu, NASA juga melarang memakai kaca mata hitam untuk melihat gerhana matahari total. Sebab, bisa berdampak serius pada penglihatan.

Imbauan senada juga disampaikan oleh ilmuwan Pennsylvania State University. "Melihat gerhana matahari secara langsung bisa merusak penglihatan secara permanen," kata Violet Mager, pakar astrofisika dan astronomi.

Warga dunia khususnya Amerika Serikat, sangat antusias menyambut gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017 mendatang. Bagaimana tidak, fenomena astronomi itu hanya terjadi satu kali selama berpuluh-puluh bahkan hingga ratusan tahun. Indonesia sendiri pernah mengalami fenomena alam yang langka itu pada 9 Maret 2016. Dan tahun ini, giliran Amerika Serikat yang mendapat jatah kemunculan gerhana matahari total.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi! Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!
Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI? Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?
Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit

#Gerhana Matahari Cincin #Salat Gerhana #Astronomi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar