Amerika Serikat Cabut Larangan Bawa Laptop Diatas Pesawat

Penumpang berjalan di sebuah pos pemeriksaan keamanan di bandara Internasional JFK di New York. (Reuters/Eduardo Munoz)

Arah - Amerika Serikat (AS) mencabut larangan bagi penumpang pesawat yang membawa laptop ke atas kabin, khusus untuk penerbangan dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Larangan tersebut sebelumnya diterapkan pemerintahan Donald Trump untuk penerbangan ke AS dari sembilan bandara yang ada di negara-negara muslim.

Keputusan tersebut diambil pemerintah AS usai maskapai Etihad memasang sistem pengamanan tambahan di bandara. Seperti diketahui, Etihad merupakan satu-satunya maskapai yang terbang langsung dari negara tersebut menuju AS, dengan 45 jadwal penerbangan per pekan.

Etihad dilaporkan menyanggupi permintaan Trump untuk menjalankan prosedur pemeriksaan ketat atas seluruh penumpangnya di bandara internasional Abu Dhabi sebelum terbang ke AS.

[baca_juga]

Sistem pengamanan super ketat milik Etihad menurut Telegraph sudah diperiksa oleh badan administrasi keamanan transportasi (US Transportation Security Administration) sebelum larangan membawa laptop dicabut.

"Upaya Etihad menerapkan sistem pengamanan ekstra menjadi contoh yang harus ditiru oleh maskapai domestik dan internasional lainnya," kata Juru Bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri AS David Lapan, seperti dikutip dari laman Telegraph.

Lapan menegaskan Pemerintah AS masih menerapkan larangan laptop dibawa ke atas kabin pesawat untuk maskapai-maskapai Timur Tengah lain seperti Emirates dan Qatar Airlines, maupun maskapai internasional lain yang terbang dari Mesir, Maroko, Yordania, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, dan Turki.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Akibat Ulah Nenek Ini, Penerbangan Ditunda Sampai Lima Jam Akibat Ulah Nenek Ini, Penerbangan Ditunda Sampai Lima Jam
Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut
Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI

#Rute Penerbangan #Penerbangan Internasional #Keselamatan Penerbangan #Presiden Amerika Serikat Donald Trump #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar