Jokowi: JFC Tak Kalah dari Karnaval di Amerika

Peserta sekeluarga mengikuti Artwear Carnival, salah satu karnaval pada ajang Jember Fashion Carnaval (JFC) di Jember, Jawa Timur, Jumat (11/8). Artwear Carnival adalah karnaval yang menampilkan pakaian dengan desain bertema kemenangan atau "victory," rangkaian dari JFC ke-16. (foto/antara/Seno)

Arah - Presiden Joko Widodo menyatakan "Jember Fashion Carnaval" (JFC) tidak kalah dengan karnaval internasional di negara-negara lain seperti Pasadena di Amerika Serikat dan di Brazil.

"Karnaval ini tidak kalah dengan yang di Pasadena, Brazil, dan lainnya," kata Presiden Jokowi ketika membuka JFC di Jember, Jawa Timur, Minggu.

Ia mengapresiasi penyelenggaraan JFC yang sudah rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai media penyaluran kreativitas dan budaya masyarakat.

Presiden pun meminta agar penyelenggara dapat menggelar acara serupa di kota-kota lain di Indonesia.

Ia menyebutkan penyelenggaraan di Jember tetap setiap tahun, sementara di kota lain bisa tiga tahun sekali.

Baca Juga: Lihat Pawai Budaya Surabaya, Menteri ESDM: Ini Seperti di Amerika
Potensi Kuliner Tradisional Daya Tarik Pariwisata Solo
Nostalgia di UGM, Jokowi Kunjungi Tempat 'Nongkrong' Saat Kuliah

Presiden meminta Kmenpar dan Kemendikbud menjalin kerja sama dengan penyelenggara di Jember untuk penyelenggaraan di kota lain.

"Marilah bersama kita ramaikan dan promosikan karnaval ini," ucap Jokowi, mengajak.

Jokowi menyatakan Jember sudah menjadi kota karnaval Indonesia. Jember sudah menjadi ikon. Bukan hanya Jember tapi Indonesia jadi harus dikembangkan.

"Saya juga nanti siang ini akan meminta kepada Menteri Pariwisata, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, untuk berkolaborasi nanti dengan penyelenggara untuk membikin yang tingkat Indonesia untuk dipromosikan di tingkat internasional dalam rangka pariwisata," tuturnya kepada Antara

Ia mengatakan akan segera membahas hal itu bersama Menteri Pariwisata dan Mendikbud.

"Kita memiliki potensi, kita memiliki kekuatan didalam industri kreatif utamanya dalam karnaval," ujarnya.

Ia menyebutkan pernik-pernik dalam karnaval seperti itu banyak sekali dan bisa dipakai untuk mengembangkan ekonomi industri kreatif yang ada di bawahnya.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?
Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku
Lucu!  Jokowi Cukur Rambut Pakai Pomade, Yuk Lihat Videonya Lucu! Jokowi Cukur Rambut Pakai Pomade, Yuk Lihat Videonya

#Presiden Jokowi #Jember Fashion Carnaval (JFC) #Tradisi Budaya #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar