5 Cara Mengobati Infeksi Mata Secara Alami

ilustrasi kesehatan mata (shutterstock).

Arah -  Penyakit bisa datang kapan saja, bahkan saat musim hujan sekalipun. Dan salah satu bagian tubuh yang terkena dampak yaitu mata. Seperti diketahui, mata merupakan organ terpenting tubuh kita, sehingga mudah terjangkit infeksi ketika kondisi cuaca basah.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa pengobatan alami untuk mengobati berbagai infeksi mata, berikut diantaranya.

1. Teh chamomile

Dilansir dari boldsky, teh chamomile dikemas dengan sifat anti-mikroba, anti-iritasi dan anti-inflamasi, sehingga bagus untuk kesehatan mata. Tidak hanya membuat mata bebas dari infeksi di dekat kantung air mata, namun juga membantu mengatasi infeksi mata yang paling umum, yaitu konjungtivitis. Cara menggunakannya, buatlah teh dengan bubuk teh chamomile dengan menyeduh satu sendok teh bubuk dengan satu setengah gelas air. Lalu, cuci dan tiriskan. Setelah itu, ambil kapas dan celupkan ke dalam teh. Kemudian peras dan usapkan menggunakan cotton pad di atas mata yang terinfeksi dalam satu sapuan. Jika sudah, bantalan kapas harus dibuang dan ambil yang baru untuk digunakan kembali. Ulangi proses yang sama setiap dua jam untuk hasil yang mengesankan.

2. Kunyit

Kunyit, ramuan yang terkenal dengan sifat antiseptiknya yang kuat. Selain itu, khasiat anti-inflamasi yang ada dalam ramuan obat ini, akan memberi rasa nyaman dan efektif mengobati segala jenis infeksi mata. Pertama rebus satu cangkir air sampai mendidih. Lalu, campur dua sendok bubuk kunyit dan biarkan hingga dingin. Kemudian, oleskan dengan lembut pada mata yang terinfeksi.

Baca Juga: Waspada! Bahaya Mie Kuning Formalin Menyebabkan Kanker
Diminati Warga Hongkong, Ini Khasiat Kopi Luwak Indonesia

3. Kentang mentah

Kentang biasa dinikmati sebagai hidangan, selain itu secara efektif juga dapat menyembuhkan infeksi mata karena sifat zat serta sifat anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Maka, kentang mentah menjadi obat alami yang sangat bermanfaat dan cepat dalam mengobati infeksi mata. Namun, sayuran ini harus dicuci bersih terlebih dahulu dan barulah diparut menjadi irisan tipis. Irisan ini, nantinya harus diletakkan pada kain tipis dengan ujungnya diikat erat. Selanjutnya, ditempatkan pada mata yang terkena infeksi selama sekitar 5 sampai 7 menit. Ulangi prosesnya minimal dua kali sehari untuk hasil yang cepat.

4. Kompres air dingin dan hangat

Kompres air dingin dan hangat sangat nyaman, dan ini salah satu cara efektif untuk menghilangkan infeksi mata. Kompres dapat memperbaiki aliran darah ke mata yang terinfeksi sehingga memberikan perbaikan dan pertahanan. Caranya, kain bersih harus dicelupkan ke dalam air dingin atau hangat. Kemudian, kelebihan air dari kain harus diperas dan ditempatkan dengan lembut pada mata yang terinfeksi. Prosesnya harus diulang dua sampai tiga kali sehari untuk mengurangi infeksi dan gatal pada mata.

5. Peterseli

Peterseli dapat membantu mengeluarkan infeksi dengan sangat cepat, sehingga mempermudah proses penyembuhan. Kamu cukup merebus sejumlah peterseli dengan air selama sekitar 10 menit hingga mendidih. Bila sudah, celupkan kain bersih ke dalam air dan usapkan ke mata untuk mengurangi gatal serta melakukan penyembuhan secara cepat.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Mau Mata Lebih Sehat, Cobain Olahraga Ini Deh Mau Mata Lebih Sehat, Cobain Olahraga Ini Deh
Menimbang Baik atau Tidaknya Susu Kental Manis untuk Buah Hati Menimbang Baik atau Tidaknya Susu Kental Manis untuk Buah Hati
Jangan Sampai Terjadi, Begini Tanda-tanda Tubuh Alami Dehidrasi Jangan Sampai Terjadi, Begini Tanda-tanda Tubuh Alami Dehidrasi

#infeksi mata #Info Kesehatan #cara mengobati infeksi mata #tips kesehatan #kesehatan mata #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar