Masya Allah, Komunitas Ini Bersepeda dari Inggris untuk Haji

Komunitas pesepeda Inggris yang memunaikan ibadah haji dengan mengendarai sepeda (foto/Al Arabiya)

Arah -  Patut diapresiasi, satu rombongan pria yang terdiri dari sembilan orang asal Inggris rela menempuh jarak 3.000 kilometer menggunakan sepeda untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah, Arab Saudi.

Perjalanan yang ditempuh selama enam minggu itu melintasi sejumlah negara, antara lain Prancis, Swiss, Itaia, Yunani, dan Mesir.

Menurut salah seorang pesepeda, sebagaimana dikutip dari kantor berita Arab Saudi, SPA, perjalanan ribuan kilometer ini merupakan usaha mengampanyekan Islam sebagai agama perdamaian dan toleransi di sepanjang negara yang mereka lewati.

Sabtu (10/8/2017), rombongan pesepeda ini tiba di Madinah dan siap menunaikan berbagai tahapan ibadah haji. Mereka menamai kegiatan ini dengan "Hajj Ride".

Baca Juga: Bukan Cuma Menteri Susi, Pejabat Ini Juga Punya Anak yang Aduhai
Duh Naas, Gagal Salto, Binaragawan Ini Meninggal di Panggung

"Hajj Ride adalah perjalanan bersepeda pertama untuk kegiatan amal, dengan tujuan akhir menunaikan ibadah fisik paling menantang dalam lima rukun Islam, yakni haji," bunyi pernyataan dalam situs komunitas ini seperti dilansir Al Arabiya.

Komunitas pesepeda tersebut berharap melalui perjalanan ini bisa menghimpun 1 juta pound sterling untuk membantu para pengungsi Suriah melalui lembaga amal Human Aid UK.

Masyarakat dapat mendonasikan uang mereka lewat Hajj Ride untuk kemudian digunakan bagi kebutuhan layanan darurat di Suriah. Human Aid bersama beberapa organisasi di Inggris dan Malaysia telah bekerja sama dan sejak April lalu mereka mengirim 80-85 ambulans ke Suriah.

Dana yang digalang Hajj Ride penting untuk melengkapi ambulans-ambulan tersebut, termasuk peralatan-peralatan yang dibutuhkan.

Pendiri Hajj Ride, Abdul Wahid, mengaku telah mengonsep proyek ini ketika dirinya menjadi mualaf 11 tahun yang lalu.

"Orang bilang 'kamu mesti mengubah semua tentang dirimu saat kamu menjadi Muslim'. Saya punya banyak waktu untuk memikirkan bagaimana aku bisa menggabungkan (pengalaman) hidupku. Saya cinta bersepeda dan saya ingin pergi ke haji, jadi mengapa kami tidak kembali ke cara lama untuk melakukan perjalanan?" kata Wahid.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#haji #haji bersepeda #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar