Waspadai Pergerakan Ormas Pasca Dibubarkan

Orasi HTI di depan massa 287. (Foto: Arah.com/ Harry)

Arah - Pengamat politik dari Indonesia Public Institute Karyono Wibowo mengatakan pemerintah perlu mewaspadai pergerakan pasca-pembubaran organisasi kemasyarakatan yang bertentangan dengan Pancasila.

"Ketegasan pemerintah membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia karena memiliki tujuan politik yang bertentangan dengan ideologi dan konstitusi negara perlu diapresiasi. Yang perlu diantisipasi adalah pergerakan pasca-pembubaran," ujar Karyono melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin.\

Karyono mengatakan upaya pembubaran dan pencabutan status badan hukum bukan berarti masalahnya menjadi selesai, karena hal ini berhubungan dengan keyakinan ideologi yang tidak mudah diredam begitu saja.

Baca Juga: Pansus Mengungkap Empat Poin Krusial yang Bisa Jegal KPK
BURT: Pembangunan Gedung DPR adalah Kebutuhan

Karyono mengatakan untuk mencegah dan mengubah paham atau ideologi radikalisme-eksktremis dan terorisme perlu dilakukan pendekatan persuasif dan edukatif.

Selain itu, Ketua DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) itu juga mendorong pemerintah untuk tetap tegas terhadap kelompok anti-Pancasila.

"Perlu juga untuk dilakukan revitalisasi Pancasila agar bangsa Indonesia tetap memiliki daya tahan dan tidak mudah digoyahkan," jelas dia.

Berita Terkait

Kemendagri Siap Revisi Undang-Undang Ormas Kemendagri Siap Revisi Undang-Undang Ormas
Ini Dia Sanksi Tegas Polri untuk Tertibkan Ormas 'Nakal' Ini Dia Sanksi Tegas Polri untuk Tertibkan Ormas 'Nakal'
Usai HTI, Ada Ormas Lain yang Akan Dibubarkan Pemerintah? Usai HTI, Ada Ormas Lain yang Akan Dibubarkan Pemerintah?

#Ormas #Ormas Bermasalah #Penertiban Ormas #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar