Ini Filosofi Dibalik Kereta Pancasila yang Dipakai Jokowi

Kendaraan hias yang dipakai Presiden Jokowi di Karnaval Kemerdekaan (foto/Arah/Ratih)

Arah -Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan Bandung 2017 berlangsung meriah, bahkan kendaraan yang dipakai Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi memiliki filosofi mendalam.

Kendaraan yang merupakan karya dari seniman kenamaan kota Bandung, Tisna Sanjaya ini dinamai Kereta Pancasila.

"Ada esensi ada spirit ada energi yang disampaikan bahwa harus dipertahankan keragaman yang ada di Indonesia," ujar Tisna saat ditemui di jl. Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017).

Mobil ini memiliki moncong Pancasila, dan dihiasi oleh gundukan dandang dibagian belakang, kompor dan beberapa bahan sumber alam seperti padi, terong, labu yang disebut Tisna merupakan anugerah alam di Indonesia yang harus dijaga dan dirawat.

"Jika dilihat dari depan, kendaraan itu membawa hasil bumi dan Jokowi sebagai pemimpin mengantarkannya untuk rakyatnya," tuturnya.

Baca Juga: Peserta Karnaval Kemerdekaan Berebut Berfoto Bersama Presiden
Besok, Kemenlu Akan Gelar Parade Asean 50 di Jakarta

Tisna mengungkapkan, Seeng atau Dandang yang yang menggunduk keatas dibagian belakang berjumlah 99 yang akan diisi oleh air dari 99 sumber air di Jawa Barat.

Ada sekitar 99 seeng buatan pengrajin Tasikmalaya yang dipakai untuk membentuk tumpeng. Di dalam seeng itu akan diisi air yang diambil dari 99 mata air di Jawa Barat.

"Konsepnya berjumlah 99 itu sangat personal, karena saya sangat mencintai negeri ini dan agama Islam yang rahmatan Lil alamin, 99 itu simbol Asmaul Husna, yang berarti nama-nama yang indah, jangan dirusak saling menghargai apalagi negara kita mayoritas Islam, jangan sampai atas nama agama menyakiti orang lain," katanya.

Kendaraan ini juga dihiasi wajan di bagian kanannya. Wajan ini bertuliskan puisi karya seniman Aat Suratin dan dilukis pada media wajan oleh seniman Joko Kurnian. 

"Pesannya adalah, dengan penuh semangat dan optimis, maka kita akan semakin beriman pada Sang Pemilik Alam," tuturnya.(Ratih Prastika)

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Meriah, Kendaraan Hias Warnai Karnaval Kemerdekaan di Bandung Meriah, Kendaraan Hias Warnai Karnaval Kemerdekaan di Bandung
Peserta Karnaval Kemerdekaan Berebut Berfoto Bersama Presiden Peserta Karnaval Kemerdekaan Berebut Berfoto Bersama Presiden
Presiden Jokowi Akan Jaring Investasi Hong Kong Presiden Jokowi Akan Jaring Investasi Hong Kong

#Presiden Jokowi #Karnaval Kemerdekaan #Kendaraan Hias #Filosofi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar