Tak Terduga, Ternyata Ikan Mas Bisa Merubah Air Menjadi Alkohol

Tak Terduga, Ternyata Ikan Mas Bisa Merubah Air Menjadi Alkohol (foto: Istimewa).

Arah -  Ikan mas ternyata dapat mengubah air menjadi alkohol berdasarkan situasi yang mereka alami.

Ilmuan mengatakan bahwa kemampuan ikan mas untuk mengubah air menjadi alkohol disebut dengan adaptasi evolusioner. Sama seperti bunglon, mereka bisa memaksa diri untuk konsisten dengan lingkungan tempat mereka berada. Menariknya, bakat semacam itu bukanlah hal baru bagi spesies air tersebut.

Menurut IFLSience, ikan mas sama dengan crucian carp, yang termasuk keluarga ikan mas. Di Eropa utara, musim dingin terjadi sepanjang bulan sehingga mengajarkan mereka untuk bertahan dalam permukaan beku. Kondisi tersebut membuat mereka membekukan air seperti kolam.

Karena konsumsi oksigen terbatas, crucian crab mengembangkan mekanisme respirasi baru. Ini disebut pernapasan anaerobik, dan itu yang bisa mereka lakukan selama berminggu-minggu untuk bertahan pada musim dingin, dikutip dari Elitereaders.

Baca Juga: Ditolak Rumah Sakit, Wanita Ini Melahirkan di Pinggir Jalan
Bantu Filipina Perangi ISIS, Australia Kirim Pasukan Khusus

Sebagai mekanisme yang digunakan, ikan mas cenderung membangun kadar asam laktat tertentu di tubuh mereka. Dan untuk mencegah agar tidak meningkat, mereka mengubah asam menjadi etanol alias alkohol yang dilepas ke air melalui insang.

Seperti crucian crap, ikan mas bisa bertahan hidup tanpa oksigen selamat berminggu-minggu berkat bakat unik mereka.

"Selama mereka di air yang bebas oksigen di kolam tertutup, mereka bisa bertahan selama berbulan-bulan di habitat utara Eropa. Konsentrasi alkohol dalam ikan mas bisa mencapai lebih dari 50 mg per 100 mililiter," kata Michael Berenbrink dari Universitas Liverpool.

Berita Terkait

Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan? Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan?
Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit
Sosok Disebut Malaikat Turun ke Ka'bah, Ternyata ........ Sosok Disebut Malaikat Turun ke Ka'bah, Ternyata ........

#Ikan Tuna #Ikan Mangrove Rivulus #Fakta Unik #alkohol #International Research Institute of Disaster Scien #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar