Rekomendasi 6 Wisata Bersejarah di Palembang

Museum Sultan Badaruddin II /panduan wisata

Arah -  Palembang yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Selatan memiliki memiliki banyak lokasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Menurut cerita, Kerajaan Sriwijaya berdiri di kota ini pada abad ke-7 hingga akhirnya menjadi pusat perdagangan internasional, yang bahkan mampu menguasai kawasan perdagangan laut Asia.

Saking termasyhurnya, Palembang dahulu kerap disinggahi para pedagang dari luar negeri, yang kemudian tinggal di sekitar Sungai Musi. Itulah mengapa, kawasan di sekitar Sungai Musi kini banyak dihuni oleh masyarakat dari berbagai etnis.

Apabila ingin melihat jejak sejarah yang pernah ada di Palembang, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi.

  1. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS)

Taman seluas 20 hektare ini berlokasi di sebelah barat daya dari Jembatan Ampera atau sekitar 17 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Menurut hasil penemuan para ilmuan, di lokasi itulah dahulu Kerajaan Sriwijaya berdiri.

Di sana, terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai bukti peninggalan Kerajaan Sriwijaya, seperti arca, keramik kuno, serta sisa-sisa kapal yang dahulu digunakan untuk mengarungi lautan. Selain itu, ada juga hamparan taman cantik yang begitu rindang, yang dikelilingi oleh anak Sungai Musi.

  1. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum dengan desain bangunan bergaya campuran Palembang-Eropa ini terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera, yakni hanya sekitar 200 meter ke arah barat daya. Museum ini menyimpan ratusan koleksi peninggalan Kesultanan Palembang, yang dipimpin Sultan Mahmud Badaruddin II.

Di sana, pengunjung dapat menyaksikan diorama-diorama aktivitas perang melawan VOC, aneka koleksi budaya milik kerajaan, serta berbagai jenis senjata. Selain itu, ada juga naskah-naskah kuno yang ditulis dengan aksara Kaganga.

  1. Benteng Kuto Besak

Sekitar 5 menit perjalanan kaki dari Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Anda akan mendapati sebuah bangunan benteng megah yang bernama Benteng Kuto Besak. Benteng yang dibangun sejak zaman kepemimpinan Sultan Mahmud Badaruddin I ini dahulu merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Palembang.

Kini, benteng yang dikelilingi tembok tinggi bercat putih tersebut digunakan sebagai markas besar KODAM Sriwijaya. Meskipun demikian, benteng tersebut tetap dibuka untuk para wisatawan yang ingin menyaksikan berbagai koleksi peninggalan Kesultanan Palembang.

  1. Bukit Siguntang

Sekitar 7 km ke arah barat dari Jembatan Ampera, terdapat sebuah bukit yang cukup indah, bernama Bukit Siguntang. Selain memiliki pemandangan yang cukup menarik, bukit tersebut juga dianggap sebagai tempat suci. Karena kesuciannya tersebut, konon Sultan Mahmud Badaruddin II juga pernah mengajak para pemimpin untuk melakukan sumpah di atas bukit tersebut.

  1. Masjid Agung

Masjid megah yang berada di pusat Kota Palembang ini dahulu diresmikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada tahun 1748. Masjid ini juga merupakan masjid tertua dan terbesar di Kota Palembang.

Masjid Agung memiliki desain arsitektur yang begitu cantik, yakni perpaduan antara gaya arsitektur Melayu, Eropa, dan Cina. Di dalam masjid, terdapat pilar-pilar kokoh serta ornamen-ornamen kaligrafi bertinta emas, yang menjadikannya tampak begitu indah dan memukau.

  1. Pulau Kemaro

Saat menjelajahi kawasan sekitar Sungai Musi, Anda akan menyaksikan sebuah pagoda yang menjulang cukup tinggi dengan sembilan lantai. Pagoda tersebut terletak di Pulau Kemaro, yakni sebuah delta atau pulau kecil di tengah Sungai Musi. Pagoda Kelenteng Hok Tjing Rio ini dibangun untuk mengenang Tan Bu An dan Siti Fatimah, pasangan beda etnis, yang meninggal di lokasi tersebut.

Selain keenam lokasi wisata sejarah tersebut, Palembang juga memiliki banyak destinasi wisata menarik lain yang bisa Anda kunjungi. Selain cukup mudah dijangkau, Kota Palembang juga menyediakan banyak akomodasi penginapan yang nyaman.

Jika menginginkan hotel murah di Palembang, Anda bisa melakukan reservasi melalui aplikasi atau situs web Airy Rooms. Jaringan hotel terbesar ini akan memberikan Anda kenyamanan dengan fasilitas: AC, tempat tidur nyaman, kamar mandi air panas , WiFi gratis, perlengkapan mandi, dan TV layar datar. Transaksi pembayaran juga semakin dimudahkan dengan adanya tiga pilihan, yaitu transfer antarbank, via kartu kredit, atau melalui gerai Indomaret.

Dapatkan promo terbaik dari Airy Rooms yang dapat anda lihat di halaman promo Airy Rooms. Booking kamar hemat dan diskon untuk lebih hemat.

Baca Juga: Diskon Spesial dari Airy Rooms untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Liburan di Surabaya Bisa Hemat Dengan 5 Pilihan Hotel Airy Ini

Berita Terkait

Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies? Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies?

#Airy Rooms #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar