Bagian Buah-buahan yang Kerap Dibuang, Tapi Ternyata Bermanfaat

ilustrasi makan buah semangka (shutterstock).

Arah -  Seperti diketahui, buah dan sayuran kaya akan nutrisi penting, yang pada gilirannya membantu meningkatkan kesehatan kita. Tapi tahukah kamu, jika bagian sayuran dan buah-buahan juga bisa bergizi? Maka dari itu, jangan langsung membuangnya terlebih dulu.

Sebenarnya, lapisan luar berwarna dari buah-buahan dan sayuran mengandung phytochemical, seperti karotenoid, yang membantu mengurangi risiko penyakit, mulai dari kanker dan masalah mata tertentu.

Dengan membuang bagian dari sayur atau buah-buahan seperti kulit buah, biji buah atau daun, kamu benar-benar membuang banyak manfaat kesehatan, karena kulit dan daun dari buah tertentu mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu dalam melawan penyakit tertentu.

Ada masalah limbah makanan yang serius di seluruh dunia, sebab 30-40% persediaan makanan global dibuang sia-sia. Tapi, sebagai konsumen dapat melakukan sedikit dengan mengurangi limbah makanan dan itu bisa dilakukan jika kita menggunakan kembali sisa makanan karena mereka sehat dan mudah didapat. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari bagian buah-buahan dan sayuran ini, dikutip dari boldsky.

1. Biji semangka
Biji semangka kaya akan protein, vitamin B dan banyak nutrisi mikronutrien seperti kalium dan seng yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh serta menjaga tingkat gula darah tetap terkendali. Biji semangka bisa dikonsumsi langsung atau kamu juga bisa mengeluarkan minyak dari biji semangka untuk perawatan kulit dan rambut.

2. Kulit buah melon
Kulit melon kaya akan asam amino yang berkontribusi terhadap pelebaran pembuluh darah dan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah. Kamu bisa memasukkan kulit melon ke dalam makanan dengan mencampur kulit buah melon untuk smoothie segar.

3. Daun strawberry
Daun strawberry membantu dalam memerangi radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, dan meminumnya dalam bentuk teh juga bisa membantu menyembuhkan sakit perut.

4. Bonggol jagung
Bonggol jagung rendah kalori, baik untuk diabetes dan membantu mencegah penyakit mata serta penyakit kardio vaskular. Antioksidan yang terkandung di dalamnya, juga membantu mencegah kanker.

Baca Juga: Resep Jitu Detoksifikasi Tubuh Hanya Dalam 48 Jam
Berbagi Deodoran Roll-On dengan Orang Lain? Pikir Dua Kali Deh!

5. Kulit lemon
Kulit lemon mengandung tambahan enzim, serat dan vitamin A yang membantu dalam melawan kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan kadar kolesterol. Campur dengan berry atau buah jeruk lainnya dan yoghurt serta madu.

6. Biji labu
Biji labu kaya akan nutrisi seperti zat besi, omega-3, seng, magnesium, serat, kalsium, vitamin B, dan lainnya. Selain itu, juga memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker serta artritis. Kamu bisa memanggangnya, memakannya sebagai camilan, dimakan mentah atau bahkan memasukkannya ke dalam salad dan roti.

7. Kulit jeruk
Kulit jeruk, pembangkit tenaga yang kaya akan serat, vitamin dan flavonoid, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi pembuluh darah yang pecah dan mencegah peradangan berlebihan di seluruh tubuh. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan mencampur seluruh buah menjadi smoothie yang lezat.

8. Kulit mentimun
Kulit mentimun sumber serat makanan yang baik yang membantu mengurangi sembelit dan memberi perlindungan terhadap kanker usus besar.

9. Daun bit
Daun bit penuh dengan nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan detoksifikasi. Kamu juga dapat memanggangnya atau dibuat sup.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Kabar Baik Buat yang Doyan Nanas! Ini Manfaatnya Untuk Tubuh Kabar Baik Buat yang Doyan Nanas! Ini Manfaatnya Untuk Tubuh
Ceri, Si Kecil yang Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Ceri, Si Kecil yang Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan
Tips Panjang Umur Hanya dengan Konsumsi Buah dan Sayur Tips Panjang Umur Hanya dengan Konsumsi Buah dan Sayur

#buah sehat #buah segar #Info Kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar