Kabar Gembira! Tidak Semua Seafood Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi seafood (shutterstock)

Arah -  Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk mendukung perkembangan janin. Tapi sayangnya tidak semua makanan yang bernutrisi tinggi baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Salah satunya adalah ikan tuna. Meski ikan tuna memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi, namun ikan laut tersebut ternyata mengandung zat berbahaya bagi ibu hamil.

Dilansir dari healthday, tingginya jumlah merkuri dalam ikan tuna dikhawatirkan berdampak negatif pada tumbuh kembang janin. Oleh karenanya, ibu hamil disarankan untuk menghindari konsumsi ikan tuna.

Kandungan merkuri yang tinggi pada ikan tuna tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil dan janin, namun juga orang dewasa. Orang dewasa yang mengonsumsi sekitar 0,6 kilogram atau lebih seafood per minggu sebaiknya menghindari ikan tuna yang tercemar merkuri, termasuk sushi yang mengandung tuna.

Baca Juga: Resep Jitu Detoksifikasi Tubuh Hanya Dalam 48 Jam
Berbagi Deodoran Roll-On dengan Orang Lain? Pikir Dua Kali Deh!

Sebaliknya, jika selama ini kita banyak mendengar informasi bahwa ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi seafood, itu sedikit keliru. Tidak semua seafood berbahaya bagi ibu hamil. Ada lebih dari 20 jenis seafood yang ramah dikonsumsi oleh ibu hamil karena tidak mengandung merkuri.

Meski ikan dan hewan laut lain mengandung asam lemak omega-3 yang sehat, tetapi banyak orang takut mengonsumsi seafood karena alasan merkuri. Paparan merkuri sendiri diketahui menyebabkan kerusakan pada otak dan sistem saraf.

Dalam kajiannya, Consumers Report menganalisis data mengenai kadar merkuri pada berbagai jenis seafood. Data ini diambil dari Food and Drug Administration (FDA). Kelompok advokasi ini juga mengidentifikasi sekitar 20 jenis seafood yang aman.

Beberapa makanan laut yang memiliki kadar merkuri rendah antara lain salmon, kerang, udang, dan nila merah. Seafood lain yang kadar merkurinya juga rendah adalah ikan lele, kepiting, ikan trout, ikan flounder, dan flatfish.

Sementara itu, rekomendasi terbaru dari FDA dan badan perlindungan lingkungan menyebutkan, ibu hamil dan anak-anak sebaiknya berpantang empat jenis ikan dengan kadar merkuri tinggi, yakni ikan todak, hiu, king mackerel, tilefish, marlin dan ikan orange roughy.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Studi Temukan Hubungan Antara Demam Saat Hamil dengan Autisme Studi Temukan Hubungan Antara Demam Saat Hamil dengan Autisme
Uhuk! Begini Cara Alami Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan Uhuk! Begini Cara Alami Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan
Menakjubkan, Ini Manfaat Air Dingin Bagi Kesehatan Menakjubkan, Ini Manfaat Air Dingin Bagi Kesehatan

#Seafood #Info Kesehatan #ibu hamil #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar