Ups.. 11 Kebiasaan Sehat Ternyata Tidak Selamanya Menyehatkan

Ilustrasi seseorang meminum air putih dari gelas. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Arah -  Beragam cara rela dilakukan banyak orang untuk menjaga kesehatan. Mulai dari rutin berolahraga, menjaga asupan makanan dan minuman sehat, hingga mengonsumsi multivitamin tambahan. Di samping itu ada pula keyakinan lainnya yang dipercaya dapat melindungi diri dari terserang penyakit, seperti rajin berkumur, membersihkan rumah, bahkan rutin tidur siang.

Sayangnya, ternyata ada 11 kebiasaan sehat yang tidak sepenuhnya menyehatkan jika dilakukan terlalu sering atau berlebihan. Dilansir Brightside, berikut ulasannya.

1. Kumur menggunakan air

Kebiasaan ini diyakini dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan bakteri atau kuman penyebab penyakit. Akan tetapi, gigi yang sudah disikat menggunakan pasta gigi mengandung fluoride sebaiknya tidak dikumur sampai bersih total menggunakan air. Ini menghilangkan dampak baik kandungan fluoride untuk gigi.

2. Olahraga treadmill

Treadmill menjadi pilihan termudah bagi banyak orang untuk berolahraga di gym. Selain sederhana, berlari di atas treadmill juga diyakini menjaga kesehatan jantung. Namun jika Anda berolahraga melulu mengandalkan treadmill, kesehatan otot Anda justru terancam. Sehingga baiknya dikombinasikan dengan jenis gerakan lain yang menguatkan otot bagian tubuh lainnya.

3.Tidur siang

Cukup banyak penelitian yang membuktikan arti penting tidur siang untuk kesehatan tubuh dan otak. Selain memulihkan tenaga, daya ingatpun diyakini bisa lebih kuat. Tapi ternyata sejumlah penelitian lain malah mengatakan tidur siang terlalu banyak atau terlalu sering bisa mengancam kesehatan jantung. Juga berdampak buruk untuk memori dan fungsi otak.

Baca Juga: Bagian Buah-buahan yang Kerap Dibuang, Tapi Ternyata Bermanfaat
Waduh! Malas Sarapan Justru Bikin Gemuk

4. Hand sanitizer

Kita bisa saksikan bagaimana iklan produk hand sanitizer membuat kita percaya, betapa produk ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari masuknya kuman berbahaya melalui tangan. Sayangnya, terlalu sering menggunakan produk ini justru akan membuat kuman dan bakteri semakin kuat. Alih-alih mengandalkan hand sanitizer, pakar menyarankan untuk membersihkan tangan dengan cara mencuci tangan pakai sabun.

5. Vitamin dan multivitamin

Paparan beragam iklan vitamin dan multivitamin membuat kita tergiur untuk mengonsumsinya satu demi satu setiap hari. Untuk kesehatan kulit, rambut, tulang, darah, mata, jantung, dan lainnya. Namun sejumlah penelitian menyebut, mereka yang punya kebiasaan mengonsumsi vitamin dan multivitamin justru lebih rentan terserang penyakit sebesar 46 persen ketimbang mereka yang tidak. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter pribadi Anda terlebih dahulu sebelum memilih vitamin.

6. Soda diet

Produsen soda mengeluarkan varian soda diet dan berusaha meyakinkan Anda bahwa terdapat lebih sedikit kalori dalam soda diet, sehingga dianggap lebih sehat daripada soda biasa. Faktanya tidak. Soda tetaplah soda yang akan mengancam kesehatan jantung, peningkatan tekanan darah, dan bertambahnya bobot tubuh.

7. Membersihkan rumah setiap hari

Banyak orang yang menjaga betul kebersihan rumahnya. Tidak heran jika mereka rela mengepel lantai rumah hingga dua kali dalam sehari untuk menjamin lantai benar-benar bersih dari kuman. Eits.. siapa sangka kebiasaan ini justru bahay buat kesehatan tubuh. Kandungan unsur kimiawi dalam alat-alat pembersih rumah, jika sering terpapar pada tubuh, dapat menyebabkan iritas, sakit kepala, dan masalah pernapasan.

8. Pakai sandal jepit

Bagi pekerja kantoran yang setiap hari mengenakan sepatu tertutup sebagai alas kaki, tentunya mengenakan sandal jepit terasa bagaikan 'liburan' bagi kaki. Bebas melangkah dan sejuk. Akan tetapi, jangan sampai sandal jepit dikenakan ke sembarang lokasi. Sandal jepit cocok dipakai saat berada di pasir atau tanah. Tapi apabila Anda tengah berlibur ke gunung, pakailah sandal yang seharusnya untuk menjaga bentuk kaki dan menghindarkannya dari rasa sakit.

9. Banyak minum air putih

Minum air putih delapan gelas sehari merupakan saran kesehatan yang telah tertanam di alam bawah sadar kita. Sebagian orang bahkan saking kecanduan minum air putih, bisa mengonsumsinya lebih dari yang disarankan. Tapi penelitian menyebut, terlalu banyak asupan air putih malah akan mengganggu kinerja ginjal. Kadar elektrolit dalam tubuh akan berkurang dan berujung pada kondisi serius yang disebut hiponatremia.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Nyam! Sepuluh Khasiat Yogurt untuk Kesehatan Tubuh Nyam! Sepuluh Khasiat Yogurt untuk Kesehatan Tubuh
Di Balik Rasa Pahit Pare, Ada Manfaat Luar Biasa Lho Di Balik Rasa Pahit Pare, Ada Manfaat Luar Biasa Lho
Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri

#Info Kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar