Menang 8-0 Atas Brunei, Timnas U-19 Lolos ke Semifinal

Pesepak bola timnas U-19, Firza Andika (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSS Sleman, Bagus Nirwanto (kiri) saat laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (12/8). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2. (Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Arah - Tim nasional Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal kejuaraan sepak bola Asia Tenggara Piala AFF U-18 setelah pada pertandingan terakhir Grup B menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam di Stadion Thuwuna, Yangon, Myanmar, Rabu (13/9).

Dengan kemenangan besar tersebut, tim asuhan Indra Syafrie setidaknya sudah aman di posisi dua besar Grup B, sementara klasemen akhir akan ditentukan pada pertandingan "hidup-mati" Kamis malam antara tuan rumah Myanmar dan Vietnam. Apa pun hasil pertandingan Myanmar-Thailand tidak akan berdampak pada tiket Indonesia ke semifinal.

Dalam pertandingan yang juga disiarkan stasiun televisi swasta nasional itu, tim nasional Indonesia menunjukkan kualitasnya yang jauh di atas Brunei.

Kebutuhan banyak gol yang dibebankan tim Garuda Nusantara langsung dijawab dengan gol pertama Rafli Nursalim saat pertandingan belum sampai satu menit.

Gol Rafli seakan menjadi awal pesta gol Indonesia. Pada menit ke-18 Egy Maulana Vikri menyerbu dari sayap kiri dan melepaskan tendangan ke mulut gawang Brunei. Dua pemain belakang Brunei mencoba menghalau namun bola tetap bergulir ke gawang.

Menit ke-22, aksi cantik Egy yang mendapat sodoron umpan dari Feby Eka Putra ke sayap kiri, dijawabnya dengan sebuah tendangan datar yang gagal diantisipasi kiper Brunei Amirul Hakim.

Baca Juga: Sakit TBC Kelenjar, Fitri Tropica Tunda Punya Anak
Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!

Unggul tiga gol tidak mengendurkan semangat Indonesia yang memanfaatkan sayap kiri dan kanan untuk melakukan terobosan ke lini pertahanan Brunei.

Tiga gol tambahan di babak pertama berhasil dicetak Indonesia masing-masing oleh Witan Sulaeman (menit 40), dan dua gol lagi dari Rafli sebagai trigolnya di pertandingan ini.

Pada babak kedua, serangan gencar Indonesia tetap menjadi momok bagi Brunei sehingga mereka harus lebih fokus di wilayah sendiri. Sadil Ramdhani yang masuk menggantikan Febi di babak kedua sering kali menerobos dari sayap kiri.

Dua gol tercipta babak kedua, masing-masing melaui Witan Sulaeman di menit ke-66 dan Hanis Saghara menit ke-68. (Antara)

Berita Terkait

Demi Timnas, PSSI Panggil Pemain Yang Berkiprah di Barcelona Demi Timnas, PSSI Panggil Pemain Yang Berkiprah di Barcelona
Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#Timnas U-19 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar