Asisten Virtual Bernama Rinna Hadir di Indonesia

Asisten Virtual Bernama Rinna Hadir di Indonesia. (Foto:Microsoft)

Arah - Microsoft Indonesia bekerja sama dengan LINE Indonesia untuk menghadirkan chatbot berbasis kecerdasan buatan bernama Rinna ke Indonesia.

"Kecerdasan buatan melibatkan pembuatan mesin-mesin cerdas atau sebuah layanan yang bekerja dan bereaksi seperti manusia – sebuah fitur yang kini sangat sering ditemukan hampir dalam semua layanan terjemahan, asisten virtual untuk permainan berbasis video," kata Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager Microsoft Indonesia, dalam siaran pers perusahaan, Jumat.

Rinna diprogram sebagai sosok perempuan muda bersahabat yang dapat berkomunikasi dengan baik sebagaimana komunikasi seorang perempuan muda dengan temannya.

Chatbot Rinna dibuat menggunakan konten sosial yang luas dari Internet. Ia belajar dari interaksi manusia dan merespons dengan kepribadian dan sudut pandang unik.

Secara bersamaan, Rinna juga memiliki kemampuan melindungi diri dari eksploitasi.

"Rinna adalah bagian dari upaya kami dalam penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan untuk berkomunikasi. Setiap hari, kami melakukan serangkaian tes terhadap Rinna, yang mengacu pada reaksi yang diberikan oleh pengguna saat mereka berinteraksi dengan Rinna," ujar Irving.

Baca Juga: Nokia 8 Dibanderol Rp7 Jutaan, Kapan Masuk ke Indonesia?
Begini Cara Diteksi Baterai Iphone Kamu Rusak atau Tidak

"Dengan melakukan hal tersebut, kami berharap dapat meningkatkan pembelajaran kami mengenai chatting dan membuat kecerdasan buatan menjadi lebih nyata dan lebih dekat dengan masyarakat," sambung dia.

Rinna dibuat menggunakan model generik end-to-end berdasarkan teknologi Deep Learning dan dilatih oleh teknologi big data dari mesin pencari Bing yang bekerja pada platform Azure.

Oleh karena itu, sistem Rinna dapat belajar dari kumpulan big data dan memberikan tanggapan berdasarkan hasil pembelajaran juga meniru otak manusia dengan menggunakan Natural Language Processing; sebuah proses untuk mengindentifikasi bahasa manusia secara bersamaan sehingga Rinna bisa meniru dan berbicara seperti perempuan muda pada umumnya.

Teknologi kecerdasan buatan seperti Cortana menyediakan fungsionalitas yang berguna bagi pengguna seperti asisten pribadi.

Namun, berbeda dengan Cortana, Rinna dapat berkomunikasi dengan EQ (Emotional Quotient) dan juga IQ (Intelligence Quotient) kepada pengguna sehingga dapat belajar dan beradaptasi dengan kebiasaan pengguna, serta mengembangkan preferensi percakapan.

Berita Terkait

Tantangan! 3,3 M Untuk Pembobol Celah Keamanan Microsoft Tantangan! 3,3 M Untuk Pembobol Celah Keamanan Microsoft
Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika... Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika...
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta

#microsoft #Microsoft Indonesia #LINE Messenger #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar