Ribuan Nelayan Bangkalan Sudah dilindungi Asuransi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyapa nelayan peserta lomba hias kapal di kawasan Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Minggu (7/5). Lomba hias kapal tersebut merupakan salah satu rangkain untuk menyemarakan kegiatan bakti sosial yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Arah -  Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan pada Dinas Perikanan Pemkab Bangkalan, Jawa Timur, Khairul Rahman, menyatakan, saat ini semua nelayan di wilayah itu, sudah terlindungi program asuransi nelayan.

"Jumlah nelayan di Bangkalan ini yang tercatat menerima bantuan program asuransi nelayan sebanyak 7.975 orang nelayan," kata Rahman, Minggu.

Ia menjelaskan, program asuransi nelayan itu, sebagai upaya pemerintah untuk mensejahterakan rakyat, melalui jaminan perlindungan bagi nelayan. Jika ada nelayan yang tertimpa kecelakaan kerja di laut atau meninggal dunia, maka akan langsung memperoleh santunan.

Baca Juga: Gerai Jakmart Pasar Glodok Resmi diBuka
Mentan: Pabrik Gula Sultra Serap 10.000 Pekerja


Nelayan yang mengikuti program asuransi ini adalah nelayan yang berusia produkutif yakni antara usia 25 tahun hingga 45 tahun. 

Asuransi nelayan ini, dimulai sejak tahun 2016 lalu dan terus berlanjut hingga saat ini. Bahkan, pada 2017 ini ada 5 orang nelayan di Kabupaten Bangkalan yang telah memperoleh klaim asuransi sebesar Rp160 juta, yakni nelayan asal Banyusangkah dan Kwanyar, Bangkalan. 

Berbeda dengan program asuransi pada umumnya, asuransi perlindingan bagi nelayan ini merupakan program bantuan pemerintah yang diberi nama Bantuan Presmi Asuransi Nelayan (BPAN).

Berita Terkait

Kesal! Nelayan Teluk Jakarta Ingatkan Cagub-Cawagub Kesal! Nelayan Teluk Jakarta Ingatkan Cagub-Cawagub
Seekor Paus Terdampar di Rote Seekor Paus Terdampar di Rote
Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?

#Nelayan #laut #Ikan Laut #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar