KPK Periksa Menhub Budi Karya Terkait Suap Pengadaan Proyek

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan sejak akhir Agustus 2017, tim Pencegahan KPK sudah bertemu dan berdiskusi dengan pengurus partai-partai seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Hanura.

Arah - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memeriksa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai saksi dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap terkait perizinan dan pengadaan proyek-proyek di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2016-2017.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Adiputra Kurniawan," kata Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati di Jakarta, Jumat (13/10).

Selain Budi Karya Sumadi, KPK juga melakukan pendalaman penyidikan kepada tiga saksi lainnya untuk tersangka Adiputra Kurniawan dalam kasus yang sama.

Tiga saksi itu antara lain Kepala Seksi Promosi Direktorat Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Sapril Imanuel Ginting serta dua saksi dari unsur swasta masing-masing Komang Susyawati dan Oscar Budiono. Dikutip Antara, lembaga antirasuah tersebut juga akan memeriksa Adiputra Kurniawan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Baca Juga: DPR Pertanyakan Kasus Penganiayaan yang Dilakukan Novel Baswedan
Daftar ke KPU, Nasdem Nyatakan Dukungan ke Jokowi

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK sejak 31 Agustus 2017 juga telah meminta Ditjen Imigrasi untuk mencegah Oscar Budiono dengan satu orang dari pihak swasta, yaitu Aloys Sutarto ke luar negeri untuk kebutuhan penyidikan terhadap tersangka lainnya, yaitu Antonius Tonny Budiono.

KPK telah menetapkan mantan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan nonaktif Antonius Tonny Budiono dan Komisaris PT Adhi Guna Keruktama Adiputra Kurniawan sebagai tersangka.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Menhub Bakal Cabut Izin PO Bus Rosalia Indah, Jika... Menhub Bakal Cabut Izin PO Bus Rosalia Indah, Jika...
Ini 3 Amanat Jokowi untuk Amankan Idul Fitri 1438 Hijriah Ini 3 Amanat Jokowi untuk Amankan Idul Fitri 1438 Hijriah
Diam-diam Menteri Perhubungan 'Ngefans' Sama Isyana Sarasvati Diam-diam Menteri Perhubungan 'Ngefans' Sama Isyana Sarasvati

#Budi Karya Sumadi #Menteri Perhubungan #kpk tangkap tangan #suap pejabat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar