Ternyata Susu Sapi Ini Tidak Harus Diproduksi Dari Sapi

susu sapi buatan, susu sapi sintetis

Arah -  Terkait Kemajuan Ilmu teknologi, sekarang mampu mengubah sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Salah satunya adalah produk susu sapi bisa diproduksi tanpa harus menggunakan binatang sapi asli nya. Ryan Pandya dan Perumal Gandh, ilmuwan teknobiomedik adalah dua orang di balik susu sintesis itu. Di bawah payung mereka Perfect Day, keduanya membuat susu sapi dengan bahan ragi.

Meski tidak berasal dari sapi asli, susu ini diklaim memiliki rasa dan nutrisi yang sama dengan aslinya. Menurut Ryan, pembuatan susu sintetik ini justru menggunakan teknologi yang sudah lama. Dia mengatakan teknologi yang digunakannya untuk membuat susu sintetis ini sama dengan cara pembuatan protein untuk obat-obatan, multivitamin, bahkan sabun cuci.

Baca Juga: Twitter Mulai Hapus Tanda Verifikasi di Akun Bermasalah
Ternyata Mencium Makanan Bisa Menambah Berat Badan

Ragi yang digunakan untuk membuat susu sintetik ini diberi nama Buttercup. Ragi yang dianggap seperti sapi ini diambil dari Departemen Pertanian Amerika dan diubah menjadi sapi pembuat susu dengan menggunakan teknologi 3D printing.

Ryan dan Perumal mengambil cetak biru DNA sapi, lalu menggunakan 3D printer sebagai laboratorium. Selanjutnya, DNA ini dimasukan ke dalam ragi dan menjadikannya “sapi”. Nanti, ketika ragi ini menghasilkan gula, ia juga sekaligus menghasilkan protein susu, kasein dan whey.

Lalu kedua protein tersebut dikombinasikan dengan lemak nabati dan nutrisi untuk menciptakan susu sintetis yang bebas laktosa. Dengan rasa dan teksturs yang sama, susu sintetis ini bahkan mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan susu sapi biasa. 

Baca Juga: Twitter Mulai Hapus Tanda Verifikasi di Akun Bermasalah
Ternyata Mencium Makanan Bisa Menambah Berat Badan

Berita Terkait

Lucu! Sebagian Orang Kira Susu Cokelat Berasal dari Sapi Cokelat Lucu! Sebagian Orang Kira Susu Cokelat Berasal dari Sapi Cokelat
Ini Susu Baru yang Diklaim Lebih Sehat Ketimbang Susu Sapi Ini Susu Baru yang Diklaim Lebih Sehat Ketimbang Susu Sapi
Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global

#teh susu #Susu sapi #Susu Sehat #Minum Susu #kesehatan #teknologi #info kuliner #Kuliner Unik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar