Turunkan Risiko Diabetes dengan Asam Lemak Trans Susu

Ilustrasi susu kambing (Shutterstock)

Arah -  Berbeda dari asam lemak trans pada pangan lainnya, asam lemak trans pada susu menurunkan risiko terkena diabetes melitus.

"Semakin tinggi sirkulasi asam lemak trans palmitoleat merupakan biomarker risiko diabetes yang lebih rendah. Pada konsentrasi asa. lemak trans palmitoleat yang lebih tinggi, penurunan risiko diabetes dua kali lipat," ujar ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Masyarakat Kemenkes Jakarta II, Dr. Marudut, BSc. MPS di Jakarta, Selasa.

Pernyataan Marudut berdasarkan penelitian kohort pada orang dewasa multi etnik di Amerika Serikat. Penelitian itu juga menemukan konsentrasi asam lemak trans palmitoleat berhubungan dengan penurunan 19 persen trigliserida, menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,4 mgHg.

Baca Juga: Ajaib! Tidak Butuh Makanan, Pria Ini Hidup Dengan Cara di Setrum
Patung Lionel Messi di Promenade de Glorias, Dirusak Lagi

Hasil meta analisis dan sistematik review pada 2015 dari 50 penelitian menemukan hal serupa.

Selain itu, 73 penelitian memperlihatkan asam lemak trans palmitoleat juga tidak berhubungan dengan kematian karena penyakit jantung koroner.

Marudut mengatakan, setidaknya masih ada sekitar 50 jenis asam melak dalam susu yang penting dalam metabolisme tubuh serta membantu menghindari risiko terkena penyakit-penyakit tidak menular. 

Berita Terkait

Ini Susu Baru yang Diklaim Lebih Sehat Ketimbang Susu Sapi Ini Susu Baru yang Diklaim Lebih Sehat Ketimbang Susu Sapi
Ersa Mayori Ditantang Anak Beradu Tinggi Badan, Hasilnya... Ersa Mayori Ditantang Anak Beradu Tinggi Badan, Hasilnya...
Ternyata Susu Sapi Ini Tidak Harus Diproduksi Dari Sapi Ternyata Susu Sapi Ini Tidak Harus Diproduksi Dari Sapi

#Susu Sehat #Susu segar #Minum Susu #Manfaat Susu #Diabetes #Asam Lemak #Jantung Sehat #Jantung Koroner #tekanan darah #Penelitian #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar