Ini Yang Membuat Desa Mawlynnong Jadi Terbersih di Asia

Desa Mawlynnong terbersih di Asia (foto: Istimewa).

Arah -  Di India terdapat sebuah desa kecil bernama Mawlynnong.

Karena masyarakatnya di sini tidak pernah menolerir perilaku jorok membuang sampah sembarangan menjadikan desa Mawlynnong sebagai desa terbersih di Asia.

Pada 2003 nama Mawlynnong terangkat ketika menjadi headline di majalah Discover. Dalam artikel di majalah itu, desa yang terletak di distrik East Khasi Hills dijuliluki sebagai Asia's Cleanest Village atau desa terbersih di Asia.

Semua masyarakat Mawlynnong mulai dari anak-anak hingga orang tua selalu meluangkan waktunya untuk menjaga kebersihan desa. Sejak artikel Mawlynnong dimuat, desa berpenduduk sekitar 600 jiwa itu mulai menyedot perhatian wisatawan.

Banyak wisatawan berkunjung ke desa ini untuk membuktikan sendiri bagaimana bersihnya desa itu.

Baca Juga: Wow! Terlalu Lama Berjemur, kepala Pria Ini Jadi 'Penyok'
Di Negara Ini, Telat Antar Anak ke Sekolah Orang Bisa 'Bangkrut'

Kebersihan desa Mawlynnong dimulai sejak 130 tahun silam. Kala itu wabah kolera menjangkiti warga desa.

Untuk menghentikan wabah kolera, penduduk membersihkan desa dan berkomitmen menjaganya agar selalu bersih. Kebiasaan menjaga lingkungan akhirnya ditularkan turun temurun hingga kini. Dalam kebiasaan Mawlynnong, kaum wanitalah yang mengorganisir kegiatan bersih-bersih.

Merokok dan menggunakan plastik dilarang di desa ini. Plastik-plastik yang terdapat di Mawlynnong merupakan sampah dari para turis. Penduduk setempat tak pernah memprotes turis yang datang dengan membawa plastik. Warga akan langsung memungut sampah plastik setiap menemukannya. Demikian dilansir dari independent.co.uk.

Berita Terkait

KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim
Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir
Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei

#India #Desa sehat #Tips Kebersihan #kebersihan rumah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar