Tips Aman Membawa Bayi Liburan dengan Kendaraan Pribadi

Ilustrasi mudik membawa bayi (Shutterstock)

Arah - Bagi Kamu yang hendak merayakan liburan akhir tahun dengan menggunakan mobil pribadi, tentunya sudah harus siap menghadapi kemacetan yang begitu padat. Namun yang akan membuat khawatir adalah ketika membawa bayi dalam kemacetan yang sangat parah.

Seperti diketahui seelumnya, pada tahun lalu, kemacetan parah yang terjadi di tol Cipali tepatnya di pintu Brebes Timur. Bahkan diantaranya terdapat korban jiwa karena mengalami dehidrasi.

Agar mudik Kamu dan si kecil aman dan selamat, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Cermati Kebiasaan Anak

Mencermati kebiasaan anak sangatlah penting sebelum Kamu memutuskan untuk liburan. Perjalanan panjang tentunya bukan tidak mungkin akan membuat si kecil bosan dan tidak nyaman. Mulailah untuk mengetahui cara menenangkan jika si kecil rewel, perhatikan jam tidurnya, dan bawa barang-barang atau mainan yang bisa membuat si kecil tenang.

2. Ketahui Daya Tahan Tubuh Anak

Kamu harus tahu daya tahan tubuh anak terhadap udara. Apakah si kecil tahan terhadap AC atau panas. Dengan begitu Kamu bisa mempersiapkan baju tebal dan jaket untuk si kecil yang tidak tahan terhadap AC. Sedangkan bagi anak yang tidak tahan panas, sediakan baju-baju tipis dengan bahan yang mampu menyerap keringat.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun, Lima Juta Wisatawan Serbu Yogyakarta
Hadapi Liburan Akhir Tahun Ini yang Dilakukan Pertamina

3. Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Anak

Jangan sampai lupa untuk membawa segala perlengkapan anak, mulai dari popok, baju, toiletris, hingga perlengkapan medis. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, oleh karenanya sangat penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

4. Bawa Makanan Anak

Jika bayi Kamu sudah Mpasi, bawalah stok makanan yang banyak agar si kecil tidak kelaparan. Namun jika si kecil masih ASI ekslusif, bawalah cadangan ASIP yang disimpan didalam coolerbag, dan jangan lupa bagi ibu menyusui untuk memperhatikan asupan makanan dan banyak minum air putih agar ASI lancar.

5. Bawa Kasur atau Tempat Tidur Khusus

Saat melakukan perjalanan panjang pastinya kenyamanan bayi harus diperhatikan. Sebaiknya membawa kasur khusus untuk di dalam mobil agar si kecil tidak harus selalu di gendong yang akan membuat badannya sakit.

Berita Terkait

Tips Liburan Akhir Tahun untuk Perjalananmu yang Menyenangkan Tips Liburan Akhir Tahun untuk Perjalananmu yang Menyenangkan
Menikmati Liburan Akhir Tahun?Jangan Lupa 5 Hal Penting ini Menikmati Liburan Akhir Tahun?Jangan Lupa 5 Hal Penting ini
Menarik, Perusahaan Ini Bebaskan Karyawannya untuk Liburan Menarik, Perusahaan Ini Bebaskan Karyawannya untuk Liburan

#liburan #Tips Liburan #foto liburan #menu liburan #liburan seru #liburan sekolah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar