Studi Penelitian : Pasangan Tidak Suka Membahas Pendapatan

(Foto: Shutterstock)

Arah - Membicarakan uang masih menjadi hal tabu bagi pasangan suami-istri di Inggris. Survei terbaru peneliti University College London terhadap 15.000 orang menemukan orang lebih suka membicarakan kehidupan cinta dengan orang asing daripada memperbincangkan pendapatan.

Beda pola pikir
Perbedaan pola pikir akan menyulitkan untuk membuka percakapan pasangan suami-istri atau anggota keluarga soal uang. Sikap seseorang terhadap uang terbentuk ketika masih kecil dan dipengaruhi apa yang mereka pelajari dari orang tua dan lingkungan.

Jadi hal wajar, jika pasangan suami-istri memiliki pandangan berbeda tentang uang. Ketika memulai sebuah percakapan soal uang, penting untuk disadari bahwa pola pikir kamu mungkin berbeda dengan pasangan.

Memilih waktu yang tepat
Cobalah untuk menjadwalkan pembicaraan soal keuangan keluarga dengan pasangan secara teratur setiap bulan. Kamu bisa memulai pembicaraan dengan mengatakan, "Saya sangat ingin meluangkan waktu setiap bulan untuk membicarakan rencana keuangan kita dan impian masa depan."

Menyusun agenda
Menanyakan kepada pasangan apa yang ingin dimasukkan dalam agenda keuangan. Kamu bisa memulai pembicaraan tentang berapa uang untuk liburan, atau berapa yang harus ditabung. Ini lebih mengarah kepada tagihan atau memotong anggaran rumah tangga.

Fokus pada tujuan dan tidak menyalahkan
Kamu dapat mendiskusikan rencana pengeluaran dan penggunaan uang. Dengan fokus pada tujuan bersama dapat menghindarkan dari pembicaraan yang konfrontatif.

Jika ada anak yang sudah dewasa tetapi masih tinggal di rumah, mungkin saatnya untuk berbicara bagaimana mereka dapat berkontribusi pada anggaran rumah tangga. Atau jika kamu ingin anak yang sudah dewasa terlibat dalam diskusi lebih rumit, pilih waktu yang tepat. Contohnya jika ingin membicarakan surat wasiat atau perencanaan keuangan, pilih tempat dan waktu yang nyaman, mungkin di akhir pekan.

Tidak memaksakan ide
Sangat penting untuk tidak memaksakan ide kepada orang lain. Cobalah mendengarkan dan mengerti. Orang lebih mungkin untuk jujur jika meraka menyadari tidak akan terlihat bodoh.

Baca Juga: Waspada Serangan Jantung Bagi Pasangan Yang Patah Hati
Ini Rahasianya Mengapa Wajah Pasangan Hidup Semakin MIrip

Menjelaskan tanpa menggurui
Jika memahami bagaimana keuangan bekerja, jangan mencoba untuk mengintimidasi pasangan atau keluarga. Lebih baik mengakui ada cara berbeda untuk mencapai tujuan yang sama. Jelaskan apa yang kamu lakukan misalnya bagaimana menabung dan berinvestasi. Tawarkan bantuan tanpa mengajari mereka apa yang harus dilakukan.

Rencana ke depan
Dengan pembicaraan rutin, kamu bisa mulai berpikir tentang rencana keuangan jangka menengah dan panjang, bukan hanya memilah tagihan dan pembayaran untuk beberapa bulan ke depan.

Berita Terkait

Ini Rahasianya Mengapa Wajah Pasangan Hidup Semakin MIrip Ini Rahasianya Mengapa Wajah Pasangan Hidup Semakin MIrip
Tak Disangka,Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kalian Bahagia Tak Disangka,Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kalian Bahagia
Hati-Hati, Bahaya Obesitas Menghantuimu Pasca Menikah Hati-Hati, Bahaya Obesitas Menghantuimu Pasca Menikah

#Pasangan Muda #Pasangan Menikah #Keuangan #Kebahagiaan #Raih Kebahagiaan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar