Bengkulu Tanam Satu Juta Pohon Karet Merah

Pekerja menuangkan getah karet hasil sadapan di hutan karet milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX di Klepu, Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/8). Pemerintah Indonesia bersama Thailand dan Malaysia menyepakati International Tripartite Rubber Council (ITRC) untuk mengimplementasikan Export Tonnage Scheme (AETS) untuk mengurangi pasokan karet alam selama Maret hingga Agustus 2016 agar dapat memperbaiki harga yang sudah terlalu turun. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Arah -  Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menanam 1 juta batang pohon karet merah atau "Ficus elastica" sebagai peringatan Hari Sejuta Pohon Sedunia 2018.

"Sebanyak 150 ribu batang sudah ditanam dan target 1 juta batang akan direalisasikan dalam tahun ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, Agus Priambudi di Bengkulu, Rabu.

Saat peluncuran penanaman satu juta batang pohon karet merah di Kelurahan Simpang Kandis Kota Bengkulu, Agus mengatakan penanaman pohon itu bekerja sama dengan anggota Perkumpuhan Hijau Indonesia.

Pohon karet merah menurut dia selain efektif untuk menyerap karbon, menghasilkan oksigen, juga memiliki beragam manfaat lain.

Baca Juga: Curah Hujan Berkurang, 2000 Pohon Karet Terbakar
Harga Karet Membaik, Petani Kembali Bergairah Urus Kebun KAMIS, 26 JANUARI 2017 | 01:15 WIB | PENULIS: GHAZALI HASAN

"Penanaman ini bertujuan melestarikan lingkungan agar dapat berdampak positif untuk berbagai sektor, termasuk pariwisata," ucapnya.

Menurut dia, lingkungan yang asri, bersih dan sehat akan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan tahun kunjungan wisata ke Bengkulu pada 2020 atau "Visit Wonderful Bengkulu 2020".

Lewat penanaman pohon bersama komunitas ini, Agus berharap penghijauan menjadi bagian dari budaya masyarakat Bengkulu.

Ia pun berpesan, pembangunan daerah tidak mengorbankan kawasan-kawasan lindung tapi menyelaraskan pembangunan ekonomi dan lingkungan hidup masyarakat.

Dilansir Antaranews, Ketua Perkumpulan Hijau atau Green Indonesia Suharman mengatakan pohon karet merah itu akan ditanam di wilayah pesisir, daerah aliran sungai dan ruang publik.

"Kami bekerja sama dengan kelompok tani yang sudah bergabung dengan komunitas untuk mempercepat realisasi satu juga batang pohon karet merah," tuturnya.

Berita Terkait

Dua Bunga Langkah Terbesar di Dunia, Mekar di Bengkulu Tengah Dua Bunga Langkah Terbesar di Dunia, Mekar di Bengkulu Tengah
Tingkat Hunian Hotel di Bengkulu Tertinggi di Sumatera Tingkat Hunian Hotel di Bengkulu Tertinggi di Sumatera
Kampung Teh, Akan Jadi Objek Wisata Baru di Bengkulu Kampung Teh, Akan Jadi Objek Wisata Baru di Bengkulu

#Karet #Bengkulu #wisata bengkulu #Komunitas Mangrove Bengkulu #Pariwisata #Hari Pohon #Pohon Karet Merah #Kunjungan Wisata #Provinsi Bengkulu #Peduli Lingkungan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar