Peneliti Temukan Spesies Baru Cicak Yang Diberi Nama 'Ahok'

Spesies Cicak Baru(Foto:Istimewa)

Arah -  Penemu spesies baru ini ialah Amir Hamidy, Awal Riyanto, Irvan Sidik, dan Dany Gunalen dari Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Amir mengungkapkan, penemuan cicak ini bukanlah suatu kesengajaan. Para peneliti mengidentifikasi cicak ini ke dalam golongan cicak batu. Ukurannya mirip dengan cicak rumah, sekitar lima sentimeter.

Cicak ini memiliki lima atau enam sisik postmental (sisik di dagu), lalu sisik besar submetakarpal pada jari pertama tungkai depan, sisik besar pada tungkai bawah, tidak terdapat lubang prekoakal, dan memiliki warna merah bata, serta bintik kekuningan di punggungnya.

Baca Juga: Longsor Lumpur California Tewaskan 13 di Daerah Kebakaran
Penangkapan Ikan Hiu di Pulau Lombok dan Sumbawa Meningkat

Ciri-ciri ini membuat cicak ini bisa disebut sebagai cicak jenis baru karena tidak memiliki kesamaan dengan 135 jenis cicak lain yang sudah teridentifikasi. Dan kini telah resmi menjadi spesies baru bernama Cnemaspis purnamai sebagaimana dituliskan dalam Jurnal Zootaxa pada 30 November 2017.

Nama spesies 'purnamai' didedikasikan kepada Ahok yang menjabat sebagai Bupati Kabupaten Belitung Timur natara 3 Agustus 2005 hingga 22 Desember 2006 tutur peneliti tersebut.

Berita Terkait

M Taufik Minta Ahok Setujui APBD-P Disusun Anies-Sandi M Taufik Minta Ahok Setujui APBD-P Disusun Anies-Sandi
Jelang Putaran 2, Ahok Gelontorkan Program 'Manjakan' Warga DKI Jelang Putaran 2, Ahok Gelontorkan Program 'Manjakan' Warga DKI
Akan Dinon-aktifkan oleh Mendagri, Ahok Mengaku Enggak Tahu Akan Dinon-aktifkan oleh Mendagri, Ahok Mengaku Enggak Tahu

#Ahok #Spesies Baru #Basuki Tjahaja Purnama #Belitung #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar