Studi Penelitian : Pasangan ingin Bercerai Berdasarkan Bulan ini

Tanda pasangan berselingkuh (istockphoto)

Arah - Ada yang namanya musim nikah, ternyata sekarang ada pula yang disebut musim cerai.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh sosiolg di University of Washington, ada bulan-bulan tertentu saat pasangan memutuskan bercerai. Data ini pun diambil di Washington dari tahun 2001 sampai 2015.

Dari data-data itu terangkum fakta jika pasangan banyak yang mengajukan cerai antara bulan Maret dan juga Agustus. Peneliti mengatakan jika alasannya adalah banyaknya liburan dan acara di bulan-bulan tersebut yang dapat memicu pertengkaran kemudian perceraian.

Ketika musim panas, perceraian pun terbilang cepat. Kebanyakan pasangan ini prosesnya diselesai sebelum si anak masuk ke sekolah.

Penelitian ini pun disebut tak hanya fokus di satu negara bagian Amerika Serikat itu. Peneliti menguji teori yang sama di beberapa negara kain seperti Ohio, Minnesota, Florida, Arizona dan juga menemukan pola yang sama.

Begitu banyak faktor yang memang memengaruhi perceraian. Selain bulan di musim panas, pasangan juga sering bercerai karena alasan usia. Riset tersebut dilakukan oleh Andrew Frances dan Hugo Mialon dari Emory University, Atlanta, Amerika Serikat. Penelitian yang dipublikasikan pada 2014 tersebut melibatkan 3.000 pasangan menikah.

Baca Juga: Ini Rahasia Kenapa Pasangan Memiliki Wajah Mirip Satu Sama Lain
Begini Cara Memilih Pasangan yang Tepat Sesuai Urutan Lahir

Dari riset tersebut diketahui, ada beberapa faktor yang menentukan perceraian pasangan menikah. Faktor tersebut salah satunya adalah perbedaan usia pasangan, demikian seperti dikutip Mirror.

Penelitian mengungkapkan pasangan yang berbeda usia lima tahun, 18% lebih besar kemungkinannya bercerai dibandingkan dengan pasangan yang berusia sama. Presentase tersebut meningkat hingga 39% untuk pasangan yang berbeda usia 10 tahun. Dan pasangan yang berbeda usia 20 tahun, kemungkinan cerainya menjadi 95%

Berita Terkait

Psikolog: Jangan Libatkan Anak dalam Perselingkuhan Psikolog: Jangan Libatkan Anak dalam Perselingkuhan
Ups, Ternyata Di China Ada Situs Khusus Pacar Sewaan Ups, Ternyata Di China Ada Situs Khusus Pacar Sewaan
Studi: Wanita Cenderung Memilih Pria yang Mirip Saudaranya Studi: Wanita Cenderung Memilih Pria yang Mirip Saudaranya

#pasangan #Pasangan Menikah #pasangan suami istri #Hubungan Asmara #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar