Tips Mengelola Keuangan Keluarga Secara Sederhana

Ilustrasi Manajemen Keuangan. (Pixabay)

Arah - Dalam menjalani rumah tangga, masalah keungan biasanya akan sangat sensitif dan kerap memicu konflik yang merusak harmonisasi Kamu dan suami. Berbagai kebutuhan rumah tangga yang dulu tidak pernah terpikirkan, sekarang harus menjadi prioritas utama. Nah, bagi kamu yang kesulitan mengelola keuangan keluarga, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba.


1. Pahami Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran

Dalam mengelola keuangan, hal pertama yang harus kita ketahui adalah kalkukasi pemasukan dan pengeluaran keluarga. Kamu harus menghitung berapa pemasukan setiap bulan, tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, uang belanja bulanan, service kendaraan, biaya sekolah bagi yang sudah mempunyai anak dan juga biaya-biaya tak terduga.

Dengan begitu kamu akan tahu sirkulasi uang yang harus kamu siapkan setiap bulannya. Bedakan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan' dalam mengelola keuangan.

Kamu bisa membuat daftar kebutuhan apa saja yang yang harus dipenuhi dan juga daftar keinginan yang ingin kamu beli. Kamu harus memprioritaskan daftar kebutuhan terkebih dahulu. Jika daftar kebutuhan kamu sudah terpenuhi maka tidak ada salahnya kamu mulai untuk melihat daftar keinginan kamu.

2. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Godaan hidup konsumtif, biasanya akan membuat orang tak segan untuk berhutang demi memenuhi keinginannya. Adanya kartu kredit juga semakin mempermudah kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Akan tetapi penggunaan kartu kredit secara berlebihan tanpa memperhatikan jumlah tabungan, hal ini hanya akan membuat kamu terlilit hutang. Maka dari itu kelola dengan baik kartu kredit Kamu agar terhindar dari over limit yang justru akan mempersulit Kamu.

Baca Juga: Dompet Tipis Usai Lebaran? Ini Tips Pulihkan Kondisi Keuangan
Ayo! Belajar Atur Keuangan Mumpung Masih Lajang

3. Berinvestasi

Cara paling aman untuk dapat menyimpan uang adalah dengan berinvestasi. Tidak ada salahnya Kamu menyisihkan uang bulanan keluarga untuk diinvestasikan. Dengan berinvestasi berarti kamu telah mempersiapkan masa depan yang indah untuk keluarga kamu nanti.

4. Sedekah

Jangan anggap remeh yang satu ini, meski secara prinsipnya bersedekah itu adalah mengeluarkan uang, namun justru pada prakteknya akan mendatangkang banyak rejeki. Justru seret sedekah akan membuat rejeki sulit datang.

Rejeki tidak terduga tentunya akan menjadi hadiah yang sempurna untuk menambah uang kas keluarga Kamu. Jadi jangan takut untuk bersedakah dijamin akan membawa berkah.

Nah, itulah beberapa tips mengelola keuangan keluarga secara sederhana. Semoga bermanfaat...

Berita Terkait

Tips Penting agar Hemat Belanja untuk Ibu Rumah Tangga Tips Penting agar Hemat Belanja untuk Ibu Rumah Tangga
Boros? Coba Tips Strategi ini Agar Tidak Menjadi Pemboros Boros? Coba Tips Strategi ini Agar Tidak Menjadi Pemboros
5 Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga 5 Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

#Keuangan #Mengatur Keuangan #Anggaran Keuangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar