Aktivis Kampanyekan Penyelamatan Orangutan

Sejumlah relawan International Animal Rescue (IAR) Indonesia melepasliarkan satu dari tiga individu Orang utan (Pongo pygmaeus) di Resort Riam Berasap, kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), Kabupaten Ketapang, Kalbar, Rabu (22/2). IAR Indonesia bersama Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar serta Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) melepas tiga individu Orang utan (Pongo pygmaeus). (Foto:Antara)/Humas IAR-Heribertus Suciadi/

Arah -  Puluhan aktivis yang tergabung dalam Forum Orangutan Aceh mengampanyekan penyelamatan orangutan dan habitat satwa dilindungi tersebut.

Kampanye penyelamatan orangutan tersebut dipusatkan di Bundaran Simpang Jam, Banda Aceh, Senin. 

Dalam aksi tersebut, massa aktivis mengusung spanduk bertuliskan "Biarkan orangutan hidup di alam," "Selamatkan orangutan dan habitatnya", serta lainnya.

Ketua Kampanye Penyelamatan Orangutan FORA Toni Alwahyudin menyatakan, orangutan merupakan primata yang terancam punah di dunia. Ancaman kepunahan itu terjadi karena habitatnya rusak.

Kerusakan habitat orangutan terjadi akibat alih fungsi lahan. Kawasan hutan yang selama ini menjadi habitat orangutan berubah menjadi perkebunan serta perburuan liar," kata Toni Alwahyudin.

Ancaman kepunahan orangutan, kata dia, merupakan kegagalan manusia menjaga habitat satwa dilindungi tersebut. Serta gagal melindungi kekayaan hayati yang merupakan warisan generasi mendatang.

Baca Juga: Jalan Mampang Raya Berganti Nama Jadi Jenderal AH Nasution
Para Waria Salon Di Mapolres Aceh Utara Berubah Macho-macho

Oleh karena itu, lanjut Toni, FORA menyerukan kepada masyarakat Aceh menyelamatkan orangutan yang terancam punah. Sebab, menyelamatkan orangutan sama saja melestarikan hutan dan lingkungan hidup Aceh.

Kami akan terus menyuarakan penyelamatan orangutan. Sebab, betapa pentingnya keberadaan orangutan yang merupakan kekayaan hayati yang tidak ternilai," pungkas Toni Alwahyudin.

Usai menyampaikan kampanye penyelamatan orangutan, massa FORA membubarkan diri dengan tertib. Aksi tersebut mendapat perhatian masyarakat yang melintasi bundaran padat lalu lintas tersebut. 

Berita Terkait

Usut Korupsi Dana Bansos Pemprov DKI, Bareskrim Gandeng BPK Usut Korupsi Dana Bansos Pemprov DKI, Bareskrim Gandeng BPK
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
Jakarta Utamakan Pasokan Beras Lokal Jakarta Utamakan Pasokan Beras Lokal

#aktivis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar