Yogya Hujan Berpotensi Angin Kencang

Ilustrasi : Kota Yogyakarta dengan icon Tugu

Arah - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta memprediksi adanya hujan disertai angin kencang di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Hujan yang disertai petir, serta angin kencang masih berpotensi muncul dan perlu diwaspadai terutama siang menjelang sore hari selama beberapa hari ke depan," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Djoko Budiono di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan peningkatan hujan disertai angin kencang itu dipicu adanya penguatan angin barat yang banyak membawa massa udara basah masuk hingga ke bagian selatan equator.

Kondisi itu, kata Djoko, diperkuat dengan munculnya beberapa tekanan rendah di (Samudera Hindia) atau di barat laut dan timur laut Australia yang memicu kecepatan angin di selatan Jawa termasuk Yogyakarta menjadi lebih besar.

Kecepatan angin di pesisir selatan Yogyakarta tercatat mencapai 10-20 knot ( 18-37 km per jam) dengan kategori cukup tinggi. Dampak angin yang cukup tinggi memicu gelombang berkisar 2,0-2,5 meter.

Baca Juga: Hujan diprediksi Mengintai hingga 7 Februari
Waspada, Hujan dan Angin Kencang Guyur Sebagian Jakarta Hari Ini

"Tinjauan pola angin terlihat membentuk pola konvergen berupa pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera Selatan hingga NTT. Hal ini berpotensi membentuk awan hujan termasuk di Yogyakarta," kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap masyarakat di DIY mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame maupun baliho tumbang atau roboh.

"Jangan berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat maupun petir. Serta matikan barang barang elektronik bila petir datang," kata dia.

Berita Terkait

Hari Ini Jakarta Diprediksi Berawan dan Berangin Kencang Hari Ini Jakarta Diprediksi Berawan dan Berangin Kencang
Waspada, Ada Peningkatan Kecepatan Angin di Barat Indonesia Waspada, Ada Peningkatan Kecepatan Angin di Barat Indonesia
Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Siang Hingga Malam Nanti Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Siang Hingga Malam Nanti

#Hujan #Yogyakarta #BMKG #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar