Empat RW di Jakarta Selatan Terendam Banjir

Ilustrasi Mobil Diterjang Banjir. (Foto: istimewa)

Arah -  Sebanyak empat Rukun Warga (RW) yang berlokasi di wilayah Jakarta Selatan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi, yakni sekitar 10 hingga 80 sentimeter.

"Ada empat RW yang terendam banjir karena curah hujan di daerah hulu sejak Minggu (4/2) malam cukup tinggi," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan Firmansyah di Jakarta, Senin (5/2).

Menurut dia, banjir yang merendam empat RW tersebut terjadi akibat luapan air sungai, mengingat curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terjadi di daerah hulu sejak Minggu (4/2) malam.

"Selain curah hujan yang cukup tinggi, kami juga mengantisipasi kondisi di Bendung Katulampa yang sudah mencapai siaga satu. Kami akan pantau terus dan berjaga-jaga," ujar Firmansyah.

Dia menuturkan empat wilayah RW yang terendam banjir itu, antara lain RW 05 dan RW 08 di Kelurahan Pejaten Timur dengan ketinggian sekitar 30 hingga 80 sentimeter. Banjir itu terjadi akibat luapan Sungai Ciliwung.

Baca Juga: Yogya Hujan Berpotensi Angin Kencang
Hujan diprediksi Mengintai hingga 7 Februari

Kemudian, sambung dia, di RW 01 Kelurahan Pengadegan dengan ketinggian sekitar 10 hingga 30 sentimeter dan RW 03 Kelurahan Pondok Labu dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter akibat luapan Kali Krukut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin mengungkapkan sejauh ini, para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan satuan tugas (satgas) terus siaga di setiap kelurahan dan kecamatan, terutama yang rawan banjir.

"Sebagai penanganan, kami kerahkan dan siagakan semua personel di daerah-daerah yang rawan banjir. Selain itu, kami juga memastikan pompa-pompa air dapat berfungsi dengan baik," ungkap Arifin.

Hujan deras yang berlangsung sejak Minggu (4/2) kemarin hingga pagi ini wilayah hulu Sungai Ciliwung di daerah Bogor telah menyebabkan debit air Sungai Ciliwung meningkat. Tinggi muka air di Bendung Katulampa telah mencapai 220 sentimeter pada Senin (5/2) pukul 08.30 WIB, sehingga menyentuh level siaga satu atau level tertinggi dari tingkatan banjir.

Sementara itu, berdasarkan data dari BPBD DKi Jakarta, sejumlah wilayah yang diperkirakan akan dilanda banjir, antara lain Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu. 

Berita Terkait

Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu

#banjir #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar