Ini Manfaat Kebiasaan Bermain Sepak Bola untuk Anak-anak

Sejumlah pelajar Sekolah Dasar bermain bola di Lapangan Sekolahnya saat pelaksaan Program "Bola Masuk Desa" wilayah perbatasan di Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, NTT Sabtu (1/4). Program yang diselenggarakan oleh Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur Atambua tersebut bertujuan untuk menjaring pemain-pemain berbakat dari daerah perbatasan khususnya di kawasan pedesaan. (antara/foto/Kornelis Kaha)

Arah - Terbiasa bermain sepak bola, membuat seorang anak memiliki tulang yang lebih kuat. Demikian hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan belum lama ini.

Menurut para peneliti, dari hasil penelitian ditemukan bahwa ada korelasi antara kekuatan tulang dan otot dengan olahraga sepak bola pada anak usia 8—10 tahun.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa olahraga yang intens di sekolah memiliki efek positif yang jelas pada kepadatan tulang, kekuatan otot dan keseimbangan pada anak berusia delapan sampai sepuluh tahun," kata penulis utama studi tersebut, Peter Krustrup, Profesor Olahraga dan Ilmu Kesehatan di Universitas Denmark Selatan, dilansir Zee News.

Dalam penelitiannya, mereka memeriksa kesehatan tulang dan otot terhadap 295 anak sekolah selama setahun penuh.

Para periset kemudian membandingkan efek pada anak-anak yang mengikuti kelas pendidikan jasmani normal dengan anak-anak yang memiliki latihan intensif dalam jadwal selama dua jam dalam seminggu, dalam bentuk permainan bola di lapangan kecil.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Mengetahui Bakat dan Minat Anak Sejak Usia Dini
Tak Dipungkiri, Ibu Wajib Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Dari sana ditemukan bahwa anak-anak yang latihan intensif, diketahui kekuatan otot mereka meningkat sebesar 10%. Melihat hasil penemuan itu, maka kebiasaan bermain bola di sekolah merupakan langkah besar pertama untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari

Berita Terkait

Begini Cara Mempertahankan Kecerdasan Otak Diusia Senja Begini Cara Mempertahankan Kecerdasan Otak Diusia Senja
Berjalan Kesekolah Pada Cuaca Ekstrim, Bocah Ini Nyaris Membeku Berjalan Kesekolah Pada Cuaca Ekstrim, Bocah Ini Nyaris Membeku
Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei

#Anak #Anak Anak #pemain bola #psikolog #Psikolog Anak #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar