Yuk, Dengerin Musik Indonesia Era 1920-1980 di Sini

Ilustrasi: Vokalis kelompok musik asal Prancis Doulce Memoire, Veronique Bourin (kiri) berkolaborasi dengan penembang tradisional Sunda, Hendrawati Ashworth dalam pertunjukan bertajuk"Musik dari Negeri yang Telah Hilang" di Bentara Budaya Bali, Sabtu (7/5) malam. Kolaborasi yang menampilkan komposisi musik klasik masa kerajaan Sunda tempo dulu dan Prancis abad pertengahan tersebut digelar sebagai bentuk kerjasama dan pertukaran budaya antara Indonesia dengan Prancis. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Arah - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) telah melakukan kerja sama dengan Yayasan Irama Nusantara untuk pengarsipan dan pendataan hasil industri rekaman di Indonesia dari era tahun 1920-an.

"Musik adalah salah satu subsektor yang digarap Bekraf untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. Industri musik indonesia tidak hanya di dalam negeri namun sudah internasional, dan ini adalah potensi kekuatan ekonomi kreatif yang harus di fasilitasi bersama," ujar Triawan Munaf, Kepala Bekraf saat jumpa pers di Rolling Stones Cafe, Rabu (1/6).

Kerja sama antara Bekraf dengan Irama Nusantara akan membuka akses pada koleksi rilisan rekaman dari era 1920-an hingga 1980-an, dan akan dapat dengan mudah dinikmati melalui situs iramanusantara.org.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf (kiri) dan Ketua Yayasan Irama Nusantara Christoforus Priyonugroho menandatangani kerja sama di Rolling Stones Cafe, Jakarta, Rabu (1/6).

Triawan mengatakan, Bekraf dan Irama Nusantara berharap dapat menambah arsip musik sejumlah 1.500 musik dari era tahun 1920-an.

"Kami optimistis dapat menambah 100 rilisan digital setiap bulan" ujarnya.

Namun, tidak hanya lagu lawas yang ada di situs iramanusantara.org melainkan juga lagu-lagu masa kini, dengan izin dari para pencipta lagu dan penyanyinya.

"Sehingga kita berharap bisa menambah koleksi musik Indonesia dan melestarikannya," ucap Triawan. (Haryanto)

Berita Terkait

Membangun Kota Dengan Industri Kreatif Membangun Kota Dengan Industri Kreatif
Musik Perkusi dari Barang Bekas Meriahkan 'Run to Mosque' Musik Perkusi dari Barang Bekas Meriahkan 'Run to Mosque'
Badai Siap Hengkang Dari Kerispatih Badai Siap Hengkang Dari Kerispatih

#Yayasan Irama Nusantara #Musik Indonesia #Konten Musik Tradisional #ekonomi kreatif #industri kreatif #Pameran Ekonomi Kreatif

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar