Pemkab Sumba Timur Kuliahkan 350 Guru Honorer

Ilustrasi pekerja wanita (Bright Side)

Arah -  Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur sejak 2016 sudah membiayai kuliah 350 guru honorer di daerah itu sebagai syarat diterima dalam seleksi pegawai negeri sipil.

"Sejak 2016 sampai 2017 kita kuliahkan 350 guru honorer yang berijazah SMA. Mereka sudah mengabdi sebagai tenaga pengajar selama 10 tahun dengan gaji yang sangat minim," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumba Timur Yusuf Waluwanja kepada wartawan di Waingapu, Rabu.

Ia menjelaskan program Pemerintah Sumba Timur itu dalam rangka menyejahterakan guru-guru di daerah itu sekaligus juga melatih para guru agar lebih kreatif saat mengajar.

Jurusan kuliah yang diambil oleh para guru tersebut adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pada 2018, pemerintah setempat juga kembali menganggarkan untuk menguliahkan para guru honorer.

"Tahun ini akan ada lagi program serupa hanya jumlahnya belum dipastikan. Pak Bupati sudah sempat membicarakan beberapa waktu lalu," tambahnya.

Menurut dia, pemerintah daerah sudah berusaha sebaik mungkin agar guru-guru di daerah itu memiliki ijazah strata satu, sebab syarat untuk menjadi guru PNS saat ini adalah mereka yang sudah berijazah S1.

[baca_juga]

Sementara itu terkait sekolah-sekolah darurat di daerah itu, Yusuf mengatakan bahwa hingga saat ini ratusan sekolah masih dalam kondisi darurat yaitu berlantaikan tanah, beratap daun dan berdindingkan kayu.

"Lebih banyak sekolah-sekolah Pararel. Sekolah-sekolah itu dibangun karena adanya keinginan dari orang tua siswa dengan biaya sendiri," tambahnya seperti dilansir Antaranews.

Pembangunan sekolah darurat tersebut disebabkan jarak tempuh siswa dari rumah ke sekolah yang mencapai tujuh kilometer atau lebih sehingga siswa terlalu lelah karena harus berjalan kaki hingga akhirnya tidak mampu menyerap pelajaran dengan baik.

Berita Terkait

Dampak Moratorium, Tenaga Pengajar di Jambi Menyusut Dampak Moratorium, Tenaga Pengajar di Jambi Menyusut
5 Tips Efektif Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak 5 Tips Efektif Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak
Daerah ini Hapus Tunjangan Guru, Alasannya ...... Daerah ini Hapus Tunjangan Guru, Alasannya ......

#Guru Honorer #Demo Guru Honorer #Info Pendidikan #Pendidikan Dasar #Dinas Pendidikan #Pendidikan Nasional #Guru #Sekolah #Pengajar Muda #Tenaga Pengajar #Pengajar berkualitas #pegawai negeri sipil #Sumba Timur #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar