Pesawat Terbesar dan Terlebar di Dunia Menjajal Landas Pacu

Stratolaunch, pesawat terbesar dan terlebar di dunia, khusus mengangkut roket dan satelit untuk diluncurkan ke ruang angkasa. (stratolaunch.com)

Arah -  Pesawat terbesar di dunia yang berbadan dua dan kokoh, dengan rentang sayap 117 meter sehingga paling lebar di dunia, Stratolaunch, mencatat tonggak baru satu level sebelum benar-benar melayang di udara.

Minggu 25 Februari lalu, dalam uji landas pacu di Mojave Air and Space Port, Mojave, California, Stratolaunch mencatat kecepatan 46 mph (74 km per jam) saat bergerak di landas pacu.

Keterangan ini disampaikan lewat cuitan sang pendiri yang juga salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, tertanggal 26 Februari. Allen adalah pendiri Stratolaunch Systems Corp yang membuat pesawat terbesar dan paling lebar di dunia itu.

Stratolaunch yang berbobot 500.000 lbs (227 ton) bisa mengangkut beban seberat 550.000 lbs (250 ton).

Pesawat raksasa ini khusus mengangkut peluncur roket dan satelit dengan tujuan orbit Bumi, tulis laman perusahaan itu.

Baca Juga: Brotherfood, Komunitas yang Punya Cara Sendiri Untuk Berbagi
Alibaba Buka Pusat Penelitian Kecerdasan Buatan di Singapura

Peluncuran roket dari lokasi statis bisa tertunda atau terganggu oleh cuaca dan lalu lintas udara, namun mengangkut roket dan satelit dari pesawat yang bergerak seperti Stratolaunch dapat mengurangi risiko penundaan peluncuran akibat cuaca buruk sehingga akses ke antariksa menjadi lebih nyaman, andal dan ruti, kata perwakilan Stratolaunch seperti dikutip laman Space.com dan dilansir Antaranews.

Stratolaunch bisa tinggal landas dari landas pacu dan melepaskan muatannya dari ketinggian jelajah 36.000 kaki (11 km).

Stratolaunch sekilas merupakan dua pesawat yang disambungkan oleh sebuah sayap sentral.

Menggunakan enam mesin Boeing 747, pesawat ini memiliki dua badan; di sisi kanan dikendalikan oleh awak penerbangan, sedangkan yang sebelah kiri dikendalikan oleh sistem data.

Berita Terkait

Sriwijaya Air Resmi Buka Rute Baru Ke Maluku Tenggara Sriwijaya Air Resmi Buka Rute Baru Ke Maluku Tenggara
Galau Dan Bingung, Presiden  Jokowi Beli Sepatu di Bandung Galau Dan Bingung, Presiden Jokowi Beli Sepatu di Bandung
Gara-gara Serangan Sinar Laser, Singapura Protes Warga Batam Gara-gara Serangan Sinar Laser, Singapura Protes Warga Batam

#pesawat #pesawat udara #landas pacu #Stratolaunch Systems Corp #pesawat terbesar dan paling lebar di dunia #cuaca buruk #Rute Penerbangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar