Gubernur Kalteng Siapkan Raperda Penanggulangan Sampah

Ilustrasi Sampah Plastik

Arah -  Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran segera menyiapkan raperda tentang pengelolaan dan penanggulangan sampah, sebagai bentuk keprihatinan terhadap rendahnya kepedulian masyarakat kabupaten/kota se-Kalteng dalam hal kebersihan.

Pemerintah sudah berupaya keras agar pengelolaan sampah dilakukan dengan maksimal, namun akan percuma apabila masyarakatnya masih punya kebiasaan membuang sampah sembarangan," kata Sugianto saat memperingati Hari Sampah Nasional di Palangka Raya, Minggu.

"Perda yang kita buat nantinya juga akan berkeja sama dengan pemko/pemkab se-Kalteng untuk menyediakan tempat-tempat sampah di lokasi yang paling sering dijadikan tempat pengumpulan massa, seperti lokasi pameran dan car free day," ucapnya.

Pemprov juga menyiapkan tempat sampah yang lebih bagus di 50 sampai 100 titik. Sebab dirinya melihat tempat sampah yang ada sekarang ini cepat rusak.

Sugianto pun meminta semua sekolah, khususnya tingkat SD mulai menerapkan peduli sampah di lingkungannya masing-masing. Jangan hanya mendalkan petugas kebersihan sekolah, namun semua peserta didik harus terlibat mengelola sampah. Dengan langkah ini, tentu secara langsung mengajar anak-anak peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Wow, Sukabumi Hasilkan 165 Ton Sampah Setiap Hari
Dimulai Dari Hal Sederhana, Ini Kiat Nadine Untuk Kurangi Sampah

"Terpeting itu bagaimana kita mengelola sampahnya. Ini penting, karena kalau Palangka Raya bagus pengelolaan sampah, hasilnya pemerintahnya juga yang merasakan, salah satunya soal piala Adipura," tambahnya.

Pemprov Kalteng memanfaatkan car free day atau hari bebas kendaraan di Bundaran besar Palangka Raya untuk menyelenggarakan Hari Sampah Nasional. Sejumlah kalangan, mulai dari instansi pemerintah, pelajar dan mahasiswa dan komonitas peduli lingkungan. Mereka bersama-sama melakukan aksi pungut sampah di beberapa titik di kawasan car free day.

"Saya melihat di Hari Peringatan Sampah Nasional ini ada semangat dari semua pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Saya berharap ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan demi Kalteng yang bersih dan bebas sampah," demikian Sugianto seperti dilansir Antaranews.

Berita Terkait

Wow, Sukabumi Hasilkan 165 Ton Sampah Setiap Hari Wow, Sukabumi Hasilkan 165 Ton Sampah Setiap Hari
Hei, Jangan Malas Buang Sampah pada Tempatnya Hei, Jangan Malas Buang Sampah pada Tempatnya
Pemerintah Perlu Tindaklanjuti Perkembangan Bank Sampah Pemerintah Perlu Tindaklanjuti Perkembangan Bank Sampah

#Petugas Kebersihan #kebersihan lingkungan #sampah #Truk sampah #Tukang Sampah #sampah plastik #sampah makanan #Pengelola Sampah #Buang Sampah Sembarangan #Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) #Raperda #Kalimantan Tengah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar