Wartawan Senior Sabam Siagian Berpulang

Wartawan senior yang juga mantan Duta Besar Indonesia di Australia, Sabam Siagian. (Foto: nomagz.com)

Arah - Wartawan kawakan Sabam Pandapotan Siagian meninggal dunia dalam usia 84 tahun. Mantan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post itu, sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit Siloam Semanggi, Jakarta, sejak pertengahan Mei lalu.

Lelaki kelahiran Jakarta ini, juga pernah menjabat Duta Besar Indonesia untuk Australia, pada 1991-1995. Sabam meniti karir wartawan secara otodidak, kemudian terjun sebagai diplomat. Dia pernah berkuliah di Fakultas Hukum UI, namun tidak selesai. Demikian juga kuliahnya di Akademi Dinas Luar Negeri (ADLN) dan di Vanderbilt University AS, tak pernah diselesaikannya.

"Saya menjadi wartawan karena panggilan. Panggilan ini yang membuat saya berkomitmen untuk terus menerbitkan The Jakarta Post dan memperhatikan orang-orang kecil. Jadi, pertanyaannya, bagaimana koran kita mencerminkan tanda-tanda kepekaan sosial," katanya saat memberi sambutan pada peluncuran bukunya, Januari 2015 silam.

Di mata wartawan senior Derek Manangka, Sabam merupakan wartawan sejati. Bahkan derek mensejajarkannya dengan Mochtar Lubis, Adam Malik, B.M. Diah dan Rosihan Anwar. Derek yang pernah menjadi anak buah Sabam di ‘Sinar Harapan’ menilai sosok tersebut memiliki pengetahuan diplomasi yang luas. “Boleh jadi kepakarannya itu terbentuk secara alamiah.”

Berita Terkait

Bankir Kawakan Robby Djohan, Meninggal Dunia Bankir Kawakan Robby Djohan, Meninggal Dunia
Bertanya Soal Korupsi, Jurnalis Australia Ditahan di Malaysia Bertanya Soal Korupsi, Jurnalis Australia Ditahan di Malaysia
Sedih! Gadis Kecil Ini Coba Bangunkan Ayahnya Yang Sudah Tiada Sedih! Gadis Kecil Ini Coba Bangunkan Ayahnya Yang Sudah Tiada

#Sabam Siagian #Meninggal Dunia #diplomat #Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) #Dubes Australia

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar